Mobil Konsep

Vazirani Shul, Hypercar Listrik Asal Bollywood

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 16 Jul 2018 08:40 WIB
mobil konsep
Vazirani Shul, Hypercar Listrik Asal Bollywood
Vazirani Shul Inspire Gran Turismo. Autoguide

Inggris: Pabrikan mobil asal Bollywood kini tidak bisa dipandang sebelah mata. Mobil yang mereka ciptakan terus mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Bahkan baru-baru ini perusahaan otomotif asal Mumbai bernama Vazirani, memperkenalkan perdana model konsep hypercar bermesin jet elektrik, yang disebut Vazirani Shul Inspire Gran Turismo.

Vazirani Shul Inspire Gran Turismo yang debut publik di Goodwood Festival of Speed, dikembangkan dan dirancang oleh pencipta Gran Turismo Kazunori Yamauchi bersama timnya.
Pameran mobil kencang, mewah dan klasik yang dihadiri oleh miliarder dari seluruh dunia itu, berlangsung 12 Juli sampai 15 Juli 2018, di Goodwood, West Sussex, Inggris.

Meski saat ini Shul_Inspire Gran Turismo sebatas konsep, Vazirani optimis model konsepnya bakal menjadi kenyataan. Jika memang nanti masuk jalur produksi, Shul akan mengaplikasikan powertrain listrik turbin jet, dengan turbin yang bekerja sebagai generator untuk paket baterai lithium-ion ringan. 

Vazirani mengatakan, kehadiran turbin memungkinkan mereka untuk menggunakan baterai yang lebih kecil, sehingga akan mengurangi bobot mobil dan menghemat penggunaan listrik.

Adapun bodi Shul, seluruhnya terbuat dari serat karbon dan dirancang oleh pendiri perusahaan bernama Chunky Vazirani. Diketahui Vazirani merupakan lulusan Sekolah Tinggi Seni Desain di California dan telah bekerja sebagai perancang produsen otomotif dunia seperti di Land Rover, Volvo, Jaguar, dan Rolls-Royce.

"Proporsi kendaraan adalah refleksi dari teknologi yang dikemas dan memancarkan keanggunan otomotif klasik," kata Chunky dalam keterangan kepada media. 

Lebih lanjut bos tim Force India, Vijay Mallya mengungkapkan, Sahara Force India adalah yang pertama dan satu-satunya orang India yang masuk dalam Kejuaraan Dunia Formula Satu dan tim telah mencapai tempat keempat pada 2016 dan 2017. 

Sehingga sangat logis bagi dirinya untuk berkolaborasi dengan Vazirani Automotive untuk memberikan saran, terutama dengan desain aerodinamis dan berpartisipasi dalam tonggak penting dalam teknik otomotif India.


(UDA)