Transportasi

Elon Musk Siap Uji Coba Kereta Cepat Desember 2018

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 23 Oct 2018 09:06 WIB
industri otomotif
Elon Musk Siap Uji Coba Kereta Cepat Desember 2018
Autonomous electric skates. Carscoops

Amerika Serikat: Setelah sukses dengan mobil listriknya, kini Elon Musk berambisi untuk membawa perubahan di industri transportasi, yaitu membuat kereta cepat yang disebut dengan Hyperloop One. Menarik, apa yang menjadi visi Musk itu ternyata bukanlah isapan jempol belaka. Bahkan dalam waktu yang tidak lama lagi nampaknya bakal terwujud.

Hal itu disampaikan bos Tesla yang terang-terangan telah mengumumkan terowongan uji The Boring Company di Hawthorne, California akan dibuka pada 10 Desember mendatang.

Dilansir Carscoops, rencananya penggunaan terowongan dimulai di tempat parkir SpaceX dan kemudian berbelok ke barat di bawah 120th Street. Kemudian terus lurus sekitar 2 mil (3,2 km). Meskipun terowongan ini tidak terlalu panjang, terowongan ini dibuat untuk penelitian dan pengembangan sistem terowongan dan transportasi umum Perusahaan Boring.

Setelah acara pembukaan, rencananya terowongan akan mulai menawarkan wahana gratis kepada publik pada 11 Desember. Belum banyak informasi yang dibagikan oleh Musk, tetapi tujuan akhir The Boring Company adalah membangun sistem transportasi publik bawah tanah berkecepatan tinggi yang dikenal sebagai Loop. Perusahaan hanya mengatakan, awalnya Loop akan terdiri dari "autonomous electric skates” yang melaju dengan kecepatan antara 125-150 mph (201-241 km / jam), Musk menyebutkan kecepatan tertinggi telah meningkat menjadi 155 mph (250 km / jam).

Dikatakan Loop dapat mengangkut sekitar 8-16 penumpang. Nantinya skate dapat naik dan turun menggunakan Loop Lift pada perhentian yang telah ditentukan. Dengan begitu terowongan uji ini sebagai bukti konsep bagi The Boring Company, untuk mewujudkan rencana selanjutya yang ingin mewujudkan Loop Ekspres Chicago, yang akan menyediakan layanan antara pusat kota Chicago dan O`Hare Airport. Perjalanan ini diperkirakan akan memakan waktu sekitar 12 menit. 

Perusahaan mengklaim moda transportasicepat ini tiga hingga empat kali lebih cepat daripada opsi transportasi yang ada. Perusahaan Boring juga mengatakan bahwa tarifnya akan lebih murah, atau setengah harga standar layanan taksi / angkutan-berbagi.

Perusahaan Boring juga telah mengusulkan East Coast Loop yang akan terdiri dari terowongan kembar yang menghubungkan Baltimore, Maryland ke Washington DC. Perusahaan juga mengusulkan Loop Dugout yang akan mengangkut warga Los Angeles dari Los Feliz, East Hollywood atau Rampart Village, lingkungan ke Dodger Stadium dalam waktu kurang dari empat menit.


(UDA)