Kecelakaan Lalu Lintas

Game Pokemon Go, Picu 100 Ribu Kecelakaan

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 08 Dec 2017 14:45 WIB
lalu lintas
Game Pokemon Go, Picu 100 Ribu Kecelakaan
Berburu Pokemon kadang dilakukan saat berkendara. Daily Mail

Indiana: Beberapa waktu lalu game Pokemon Go menjadi fenomena tersendiri bagi masyarakat di berbagai belahan dunia. Pemain game ini mengumpulkan banyak monster yang bisa mereka temukan di mana saja.

Karena berbasis GPS, maka pemain game yang berburu monster-monster kerap menemukan monster di berbagai tempat, termasuk jalan raya. Oleh karena itu, game ini disebut kerap jadi penyebab kecelakaan.

Dua orang profesor dari Universitas purdue, Indiana, Amerika Serikat, Mara Faccio dan John McConnell melakukan riset terkait hal ini. Dan hasilnya sangat mengejutkan, angka kecelakaan naik tajam dalam 148 hari.

Dalam kurun waktu tersebut, terjadi 286 kecelakaan di kawasan Tippecanoe County saja. Kerugian yang ditimbulkan mencapai 500.000 dollar, dengan 37 korban luka ringan, dan dua orang luka parah.

Dengan data dari satu wilayah, tim studi membuat sebuah perkiraan kerugian untuk seluruh wilayah Amerika Serikat. Walaupun hanya sekedar perkiraan berdasarkan rumus saja, data ini sudah cukup untuk memberikan gambaran.

Berdasarkan penelitian, tim percaya kalau Pokemon GO ikut menjadi penyebab dalam 140.000 insiden kecelakaan, 250 luka parah, dan total kerugian yang sangat besar.


(UDA)