Mobil Klasik

Masih Klimis, Chrysler Ghia Klasik ini Dihargai Rp7 Miliar

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 30 Oct 2017 08:11 WIB
mobil klasikchrysler
Masih Klimis, Chrysler Ghia Klasik ini Dihargai Rp7 Miliar
Chrysler Ghia Special Coupe produksian 1953. Carscoops

Metrotvnews.com: Kehadiran mobil klasik selalu menarik untuk dibahas. Tidak hanya bentuknya yang unik dan antik, nilai sejarah mobil juga menentukan nilai investasi bagi para kolektor yang ingin mengkoleksinya.

Belum lama ini Chrysler Ghia Special Coupe produksian 1953 yang dengan desain yang cantik dan orisinal muncul untuk dijual di Hyman. Harga yang diminta pun cukup fantastis, yaitu sebesar USD575 ribu atau sekitar Rp7,7 miliar.

Harga tersebut tergolong wajar jika melihat asal mula mobil itu muncul. Menilik sejarahnya, Ghia Special Coupe adalah produk dari sebuah kemitraan yang dibentuk pada 1950. Yaitu antara Chrysler dan Italian coachbuilder Carrozzeria Ghia, dan didukung oleh chassis New Yorker Deluxe. 

Pada saat itu, hanya 18 unit contoh yang dibangun, dan saat ini diperkirakan hanya delapan unit yang masih ada. Contoh ini awalnya dikirim ke Prancis dan segera terdaftar oleh industri lokal Leon Coulibeuf.

Kemudian bergabung dengan koleksi yang mengesankan lainnya, yang mencakup jenis Mercedes-Benz 300 SL Coupe, Porsche 956 dan Alfa Romeo 1900. Dalam kisahnya, mobil itu menghilang cukup lama, sebelum ditemukan oleh Jacques Pelve, seorang agen Chrysler. 

Penemuan oleh Pelve itu membuat kisah baru. Ia pun melakukan restorasi dimulai pada 1990-an hingga selesai pada 2001. Sebagai bagian dari pemulihan, Ghia Special Coupe dicat dengan skema warna biru dua nada.

Alhasil, Chrysler Ghia Special Coupe kelahiran 1953 tersebut tampil dalam kondisi prima, meski dipulihkan sekitar 16 tahun yang lalu. Pada 2015, penampakan mobil klasik itu ditunjukkan di ajang bergengsi pameran mobil klasik di Villa d'Este Concorso d'Eleganza, Italia.


(UDA)