Peristiwa Unik

Jaguar Coba Pecahkan Rekor Dunia di Atas Air

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 30 Oct 2017 08:55 WIB
jaguar
Jaguar Coba Pecahkan Rekor Dunia di Atas Air
Jaguar Vector Racing bakal pecahkan rekor ketahanan dan kecepatan di atas air. Carscoops

Metrotvnews.com: Jaguar mendeklarasikan diri sebagai brand yang tidak hanya membuat mobil melesat kencang di darat. Namun produsen otomotif asal Inggris itu juga ingin jadi yang tercepat di atas air. Yaitu dengan membuat powerboat untuk berlaga di kejuaraan Marathon A class of the British Powerboat Championship, di Inggris.

Di ajang Marathon A class of the British Powerboat Championship itu, Jaguar disponsori oleh Martini Racing. Tim tersebut mengambil nama Jaguar Vector Racing dan membuktikan sebagai yang tercepat.

Tidak hanya itu, tim ini juga memiliki rencana untuk mencetak berbagai prestasi, salah satunya akan mencoba memecahkan rekor dunia untuk kecepatan dan ketahanan di perairan terbuka tahun depan.  Jaguar Vector juga diklaim telah mengumpulkan lima UIM World Endurance Records, dua gelar Kejuaraan Dunia, dan tiga kejuaraan Eropa.

Untuk menghadapi berbagai kompetisi, Jaguar membekali Vector 40R dengan sepasang mesin berdaya 1.100 tenaga kuda. Itu hampir dua kali lebih kuat dari yang pernah dibuat Jaguar. Kecepatan tertingginya bisa mencapai lebih dari 160 km per jam. 

Tidak menutup kemungkinan powerboat Vektor akan mendapat mesin versi marinir V8 bertenaga 5.0 liter supercharged milik Jaguar Land Rover (JLR). Bahkan Jaguar berniat berkolaborasi untuk membuat powerboat bertenaga listrik, seperti yang dikembangkan Jaguar untuk Formula E.

"Tim Vector sangat bangga bisa menyelaraskan dengan merek Inggris yang hebat seperti Jaguar, dan bergabung dengan kemitraan perintis teknis semacam itu yang akan mendorong batas kinerja dan keunggulan teknis," kata CEO Vector Mal Crease, serpeti diliris Carscoops.


(UDA)