Tips Knowledge

Aplikasi Lampu LED, Tak Perlu Ganti Kiprok

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 07 Mar 2018 06:47 WIB
tips knowledge
Aplikasi Lampu LED, Tak Perlu Ganti Kiprok
Lampu LED dengan tiga titik, tak harus ganti kiprok kalau pasang ini. medcom.id/Ekawan Raharja

Jakarta: Akhir-akhir ini banyak pengendara motor yang menganti headlamp motornya dengan lampu LED. Tetapi perlukah mengganti kiprok motor agar lampu LED bisa digunakan dengan baik?

Menurut Hendra Wibowo, owner bengkel RK Motor, penggunaan lampu LED tidak selalu harus mengganti kiprok. Penggantian kiprok harus dilihat dari keperluan.

"Tidak harus selalu ganti kiprok. Kalau tidak banyak aksesoris listrik yang dibebankan ke aki, rasanya masih aman pakai yang standar bawaan dari pabrik," papar pria yang akrab dipanggil Bowo.

Bowo juga menambahkan selain mengganti kiprok di motor saat akan memasang LED, bisa juga dilakukan mengganti perangkat yang tidak diperlukan. Hal ini dimaksudkan agar aki tidak terbebani dan tetap awet digunakan.

"Selain ganti kiprok saat akan pakai LED, bisa juga diakali dengan melakukan penghematan aksesoris lainnya agar aki tidak terbebani. Contohnya mengganti lampu sein yang watt besar dengan watt yang kecil."

Lain lagi halnya jika menggunakan. lampu LED (light-emitted diode), dimana tidak diperlukan penggantian komponen yang lain. "Memang dari sisi pencahayaan masih kalah dari lampu HID, tapi kalau mau pilih yang praktis ya pakai lampu LED," tutupnya.


(UDA)