Komponen Otomotif

Bosch Komitmen Pasok Komponen Pendukung Industri Otomotif

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 25 Jul 2017 17:43 WIB
komponen aftermarket
Bosch Komitmen Pasok Komponen Pendukung Industri Otomotif
Pertumbuhan positif industri otomotif nasional dianggap sebagai peluang oleh Bosch. MTVN/M. Bagus Rachmanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Volume total pasar otomotif nasional meningkat sebesar 4,6 persen pada 2016 dari data yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Ini merupakan pertumbuhan positif yang dicapai industri otomotif nasional, setelah mengalami perlambatan pada 2014 dan 2015.

Pertumbuhan ini pun diprediksi Bosch sebagai peluang yang sekarang sedang terbuka lebar. Untuk itu Bosch memiliki strategi guna meningkatkan kegiatan bisnisnya di sektor Mobilty Solutions, agar dapat memenuhi kebutuhan lokal.

"Kinerja bisnis kami di Indonesia tercatat mengalami perkembangan yang stabil. Kemampuan daya beli yang tinggi akan mendorong timbulnya permintaan terhadap teknologi yang lebih canggih, guna meningkatkan kualitas hidup," ucap Managing Director Bosch Indonesia, Andrew Powell, kepada Metrotvnews.com, di Jakarta, Selasa (25/7/2017).

Menurut penyedia teknologi dan komponen otomotif yang bermarkas di Jerman ini, salah satu strategi awal yang telah ditempuhnya adalah berkolaborasi dengan produsen sepeda motor Viar untuk memperkenalkan sepeda motor listrik di Indonesia. Kerjasama tersebut telah dilakukan sejak Mei lalu.

Disebutkan Andy sapan akrab Andrew Powell, pada tahun lalau Bosch juga telah meluncurkan teknologi sepeda motor ABS10. Teknologi dengan sistem pengereman anti-lock braking system (ABS) pada sepeda motor ini, di klaim dapat mencegah kecelakaan fatal, yakni meningkatkan stabilitas berkendara dan memperpendek jarak pengereman.

Selain itu divisi automotive aftermarket-nya juga telah menghadirkan seri wiper blade Advantage dan Ultra Gel Battery. Kedepannya Bosh juga berencana memulai proyek lokalisasi komponen Electronic Control Unit (ECU) untuk kendaraan yang dirakit di Indonesia.


(UDA)