Penjualan Mobil

Fleet Market, Sumbang 16 Persen Penjualan Nissan

Ahmad Garuda    •    Senin, 28 Aug 2017 14:11 WIB
nissan
<i>Fleet Market</i>, Sumbang 16 Persen Penjualan Nissan
Nissan perbaiki pelayanan untuk konsumen fleet market. NMI

Metrotvnews.com, Jakarta: Langkah hati-hati yang dilakukan Nissan untuk memperbaiki sistem pemasaran produknya di Indonesia, terbilang cukup unik. Selama 2-3 tahun vakum meluncurkan produk baru, mereka justru membangun basis pelayanan yang lebih baik buat konsumen fleet.

Kali ini konsumen fleet dan korporat jadi sasaran mereka. Bahkan pada Jumat (25/8/2017), mereka menggelar gathering khusus untuk konsumen fleet terpilih dari seluruh Indonesia di Jakarta. Hal ini mereka lakukan untuk membangun kembali basis penjualan di segmen fleet yang lebih baik.

"Kami melihat, potensi penjualan fleet untuk pasar nasional cukup besar. Terdapat sekitar 16 persen dari total penjualan secara nasional ini, datangnya dari konsumen fleet. Ini masih bisa ditingkatkan tentunya dengan strategi aftersales yang juga bagus. Sehingga konsumen fleet tetap merasa nyaman," ungkap Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia (NMI), Eiichi Koito di Senayan Golf Terrace.

Meski tidak mengungkapkan secara detail angka penjualan di segmen ini, namun Koito menegaskan bahwa tipe MPV adalah tipe yang sangat diminati. Livina berada di urutan teratas kemudian disusun oleh Evalia. Ada juga SUV seperti Xtrail yang cukup diminati.

Dari semua itu, Koito menegaskan bahwa kunci dari pemasaran mereka nanti, ujung-ujungnya adalah pelayanan after sales. Termasuk ketersediaan sparepart atau komponen di bengkel-bengkel terdekat atau layanan pemesanan mudah lebih website khususnya.

Sesuai dengan target Koito, Ia menegaskan bahwa pelayanan purna jual ini bakal jadi basis pengembangan mereka untuk pasar nasional. Lantaran tanpa ini semua, produk sebagus atau semurah apa pun, bakal minim perhatian dari konsumen jika layanan after sales tidak bagus.

Tahun depan, kami akan meluncurkan ragam produk baru. Termasuk produk layanan yang mereka permantap lagi tahun ini. Apakah tahun depan Nissan bakal kembali meluncurkan mobil yang siap jadi ikonik di masyarakat nasional? kita lihat saja nanti.


(UDA)