BBM Alternatif

Limbah Whisky Bisa jadi Bahan Bakar

Ekawan Raharja    •    Selasa, 11 Jul 2017 08:10 WIB
jenis bbm
Limbah Whisky Bisa jadi Bahan Bakar
Limbah sisa-sisa whisky ternyata bisa menjadi bahan bakar untuk mobil. The Drive

Metrotvnews.com: Mengemudikan kendaraan dalam pengaruh minuman alkohol, memang sangat berbahaya. Namun di Skotlandia, minuman alkohol malah jadi pasangan yang tepat untuk diajak berjalan-jalan.

Namun perlu diingat alkohol bukan diminum oleh si pengemudi atau penumpang lainnya, melainkan diminum oleh mobil. Yap minuman beralkohol, khususnya Whisky, bisa menjadi bahan bakar alternatif untuk kendaraan bermotor.

Hal ini dibuktikan oleh sebuah perusahaan di Skotlandia, Celtic Renewables, yang berafiliasi dengan Napier University. Mereka berhasil menciptakan bahan bakar dengan bahan dasar whisky.

"Kami mengembangkan sebuah proses pencampuran antara cairan dengan benda padar, dan mengugunakan teknik fermentasi yang sebut ABE. Proses ini menghasilkan cairan kimia yang disebut biobutanol," ungkap President Celtic Renewables, Martin Tangney, kepada BBC Skotlandia dan dilansir oleh The Drive.

Lebih tepatnya biobutanol terbuat dari biji-biji jelai yang disebut draff, dan dicampur dengan cairan sisa-sisa proses fermentasi whisky yang sebut dengan pot ale.

Tentu keduanya merupakan limbah sisa dari produsen whisky yang banyak menjamur di daratan Inggris raya. Bahkan di Skotlandia saja per tahunnya bisa menghasilkan 750 ribu ton draff dan 2 juta liter pot ale. Kedua limbah industri ini harus di daur ulang agar tidak merusak lingkungan.

Biobutanol sudah diuji coba menggunakan Ford Fokus. Hasilnya mobil bisa berjalan dengan baik. Bahkan mereka mengklaim penggunaan biobutanol tidak perlu diikuti dengan pergantian komponen di mesin.

Bahan bakar baru ini bisa menjadi alternatif apabila ingin menghasilkan bahan bakar yang tidak tergantung dengan minyak bumi. Sedangkan untuk industri whisky, mereka jadi memiliki cara untuk memanfaatkan limbah produksinya, dan aman dari pencemaran lingkungan.


(UDA)