Impresi Pertama

Baleno Hatchback, Lincah di Kota dan Asyik di Gunung

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 03 Aug 2017 17:55 WIB
test drive
Baleno Hatchback, Lincah di Kota dan Asyik di Gunung
Suzuki Baleno Hatchback kini jadi pesaing ketat di segmen hatchback. MTVN/M. Bagus Rachmanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Persaingan segmen hatchback di Indonesia terlihat semakin menarik. Ini ditandai dengan hadirnya Baleno Hatchback yang digadang-gadang sebagai produk baru unggulan Suzuki.

Untuk mengetahui performa dan spesifikasi pesaing Honda Civic Hatchback dan Toyota Yaris ini, PT Suzuki Indomobil Sales Indonesia (SIS), mengajak Metrotvnews.com untuk menjajalnya langsung dengan rute Jakarta - Bogor. Termasuk menjajal di dalam lintasan Sirkuit Internasional Sentul, Bogor.

"Dengan diselenggarakannya test drive ini, Suzuki ingin agar rekan jurnalis bisa merasakan pengalaman berbeda mengendarai transformasi Suzuki Baleno, yang kini sudah menjadi The Complete Hatchback," ungkap Deputy Managing Dirextor 4W SIS, Setiawan Surya, kepada Metrotvnews.com, di Jakarta, Kamis (3/8/2017).

Sebelum membahas pengalaman berkendara, ada baiknya mengetahui terlebih dulu spesifikasi mobil ini. Berkat mesin tipe K14B 4in-line 1,373 cc, memungkinkan varian baru Suzuki ini memuntahkan daya sebesar 92.4 tenaga kuda pada rpm 6.000 dan torsi mencapai 130 pada rpm 4.200.

Dimensi keseluruhan dengan panjang 3,995 mm, lebar 1,745 mm dan tinggi 1,510 membuat tongkrongan mobil ini terlihat lebih bongsor dibanding Swift. Meski memakai nama Baleno, dari segi eksterior tampilannya jauh berbeda, dan telah bertranformasi dari model sedan menjadi hatcback yang terlihat lebih boxy. Termasuk adanya daytime running light (LED) di atas lampu utama dengan sorotan HID projector.

Hal itu juga mempengaruhi tampilan dalam atau interior. Mulai dari kemudi dengan kontrol audio dan format head unit 2DIN, hingga instrumen dashboard yang sudah menggunakan layar LCD 4,2 inci. Di sana ditampilkan gear position, jam, average fuel consumption, driving time, fuel consumption, torsi & power, serta door open indicator.

Dengan spesifikasi tersebut, pengalaman berkendara menggunakan Baleno Hatchback melintasi rute Jakarta - Bogor, tidak terlalu minus. Di jalan ibu kota, kapasitas mesin 1.373 cc dan bodinya yang pendek, enak diajak manuver untuk menembus kemacetan. Handling mobil dan sistem pengereman juga dirasa cukup baik ketika dijajal di trek Sentul.

Lain halnya ketika diajak untuk melibas tanjakan di daerah Bogor. Dengan kapasitas mesin yang tidak terlalu besar, untuk mendapatkan tenaga dorong yang optimal dibutuhkan ancang-ancang, baik transmisi manual maupun matic. Meski demikian hal itu terobati dengan bantingan suspensi yang cukup meredam ketika melewati jalan rusak.

Disebutkan, Baleno Hatchback menawarkan pilihan transmisi 5-kecepatan manual dan matic, dengan enam pilihan warna, yaitu solid fire red, pemium urban blue, arctic white, premium silver, midnight black dan met granite grey. Sementara masalah harga Suzuki masih merahasiakannya hingga pertengahan Agustus mendatang.


(UDA)