Mobil Baru

Frekuensi Produksi Suzuki Ertiga hanya 2,4 Menit

Ekawan Raharja    •    Selasa, 20 Feb 2018 11:11 WIB
mobil barusuzuki mobil
Frekuensi Produksi Suzuki Ertiga hanya 2,4 Menit
Suzuki Ertiga di produksi di pabrik Suzuki Cikarang Jawa Barat. Medcom.id/Ekawan Raharja

Cikarang: Suzuki Ertiga merupakan mobil keluarga yang memang diproduksi di Indonesia. Namun tahukah Anda kalau ternyata setiap 2,4 menit lahir sebuah Ertiga di pabrik Suzuki di kawasan Cikarang Jawa Barat.

Assistant to Departement Head Body Assembly PT Suzuki Indomobil Motor, Yudonendito, menjelaskan pabrik ditempatnya bekerja memiliki waktu produk Ertiga 2,4 menit. Artinya setiap 2,4 menit akan lahir sebuah Ertiga baru dari pintu pabrik.

"Kalau dari proses raw material itu tentu akan lama sekali. Tetapi kalau melihat dari mobil yang keluar dari jalur produksi, maka setiap 2,4 menit ada Ertiga baru," ujar Yudonendito pada Senin (19/2/2018) di Pabrik Suzuki Cikarang.

Yudinendito juga menjelaskan waktu produksi ini juga diatur sesuai dengan kebutuhan. Jika permintaan akan rival Honda Mobilio atau Wuling Confero tersebut tinggi, maka waktu bisa diatur lebih cepat lagi.

Pabrik Suzuki di Cikarang ini hingga saat ini masih hanya memproduksi Ertiga untuk memenuhi kebutuhan di dalam dan luar negeri. Mereka mengklaim kapasitas produksi mencapai 120 ribu unit per tahun.

Pabrik ini juga menjadi basis ekspor Ertiga ke 25 negara yang terbagi atas Asia, Ocenia, dan Amerika bagian Selatan. Tercatat ekspor di 2017 mencapai 12.195 unit.

Selain memproduksi mobil, pabrik termuda milik Suzuki tersebut juga memproduksi sejumlah mesin dan juga transmisi. Diklaim kandungan lokal di mesin dan transmisi garapan mereka mencapai 60 persen.


(UDA)