Bahan Bakar Minyak

Pertamina Upgrade Pertamax Turbo untuk Penuhi Standar Euro 4

Ahmad Garuda    •    Rabu, 20 Dec 2017 16:18 WIB
bbm
Pertamina <i>Upgrade</i> Pertamax Turbo untuk Penuhi Standar Euro 4
Pertamina luncurkan bahan bakar Pertamax Turbo dengan standar Euro4. medcom.id/Ainto Harry Budiawan

Jakarta: Perusahaan minyak dan gas nasional PT Pertamina (Persero) hari ini, Rabu 20 Desember 2017, mengenalkan Pertamax Turbo versi baru. Bahan bakar ini sudah di-upgrade, dengan standar bbm yang terbaru yang berlisensi Euro 4 di SPBU COCO Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Upgrade yang dilakukan adalah penyesuaian untuk memenuhi standar emisi Euro 4. Salah satu penyesuaian tersebut adalah kandungan sulfur yang lebih rendah, yang sebelumnya lebih dari 50 ppm (parts per million), kini kurang dari 50 ppm.

"Kami secara bertahap akan terus berusaha mencapai standar bahan bakar Euro 4, sebagaimana yang diterapkan di Eropa. Dengan kandungan sulfur yang semakin rendah, maka dampak negatif dari polusi yang dihasilkan akan makin rendah," kata Adiatma Sardjito, VP Corporate Communication Pertamina.

Hal ini bukanlah klaim semata, karena sudah melalui uji tes di ITB. Hasilnya bahan bakar ini mampu mengurangi kadar carbon monoxide, hydricarbins dan nitrogen oxides. Artinya partikel yang bisa merusak kesehatan semakin berkurang.

Pertamax Turbo merupakan bahan bakar dengan RON paling tinggi dipasar domestik, dengan angka 98. "Sementara kompetitor ada dibawahnya," sambung Muchamad Iskandar, Direktur Pemasaran Pertamina.

Pertamax Turbo Euro 4 ini merupakan produksi kilang Refinery Unit (RU) VI Balongan. Untuk saat ini bahan bakar spesifikasi baru itu tersedia di 60 SPBU untuk wilayah Jabodetabek, Banten dan Jawa Barat, sebelum dijual diwilayah lain.


(UDA)