Pameran Otomotif

Pameran Bus Klasik, Ajak Masyarakat Bertransportasi Massal

M. Bagus Rachmanto    •    Sabtu, 24 Mar 2018 13:00 WIB
pameran otomotif
Pameran Bus Klasik, Ajak Masyarakat Bertransportasi Massal
Bus-bus klasik mejeng di Indonesia Classic N Unique Bus 2018. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto

Jakarta: Pameran otomotif bus klasik dan unik, Indonesia Classic N Unique Bus (INCUBUS) 2018 digelar untuk kedua kalinya. Sebelumnya INCUBUS perdana telah sukses digelar Maret tahun lalu.

INCUBUS 2018 bertajuk "Tak Kenal Maka Tak Sayang" itu menampilkan 10 unit bus klasik jaman dulu alias jadul yang populer pada masanya. 10 bus klasik yang ditampilkan merupakan peninggalan era 1960-an hingga 1990-an.

Beberapa diantaranya adalah bus Fuso Colt Pownis 1989 koleksi milik PT. Timah Tbk, Pangkalpinang, Bangka-Belitung, kemudian ada juga bus Mercedes-Benz PPD 1988 Superior Coach, bus Fuso 1963 koleksi PO. Sumber Alam dari Kutoarjo, dan bus Hino medium 1984 koleksi PO. Maju Lancar, Yogyakarta.

"Tahun kemarin kita membawa 6 unit bus, sekarang ada 10 unit bus. Semuanya kami kumpulkan dari koleksi-koleksi bus yang ada di Indonesia," kata Project Coordinator Incubuus, A. M. Fikrir saat berbincang dengan Medcom.id di Jakarta, Jumat (23/3/2018).

Menarik, menurut Fikri pameran ini merupakan bukan sekedar ajang show off semata, karena ajang ini juga membawa misi untuk mengedukasi dan menumbuhkan minat masyarakat agar kembali memilih bus sebagai alat transportasi.

"Masyarakat yang datang kita suguhkan dengan sesuatu yang unik agar mereka senang atau happy dulu dari melihat-lihat. Menbangkitkan kesenangan orang dulu, kalau sudah senang nanti mereka akan lebih menyukai," ucap Fikri.

Fikri berharap ajang pameran sepeti ini bisa menjadi awal dimulainya gerakan mencintai bus, sekaligus mendorong program pemerintah untuk mengurangi kemacetan, dengan mengajak masyarakat untuk beralih dari menggunakan kendaraan pribadi ke transportasi massal.

Bagi yang ingin melihat-lihat bus-bus jadul lebih dekat,  pameran bus klasik dibuka sejak 22 Maret - 24 Maret 2018. Jam buka pameran 10.00 - 17.00 WIB, dengan harga tiket masuk Rp20 ribu.


(UDA)