Teknologi Otomotif

Volvo Kembangkan Komponen dari Plastik Daur Ulang

M. Bagus Rachmanto    •    Jumat, 22 Jun 2018 06:48 WIB
teknologi otomotifkomponen otomotif
Volvo Kembangkan Komponen dari Plastik Daur Ulang
Volvo riset komponen mobil dari bahan plastik daur ulang.Carscoops

Swedia: Di industri otomotif, melestarikan lingkungan tidak hanya dilakukan dengan menjaga kebersihan udara melalui penggunaan bahan bakar dengan energi terbarukan. Penggunaan material atau bahan yang lebih ramah lingkungan dalam membuat kendaraan juga menjadi salah satu solusinya.

Volvo mengatakan, bahwa akan menyingkirkan penggunaan bahan plastik sekali pakai di semua kantornya, kafetaria dan acara pemasaran. Sekarang, Volvo berencana mengaplikasikannya ke dalam pembuatan mobil dengan menggunakan lebih banyak plastik daur ulang. 

Hal tulah yang saat ini sedang dikembangkan Volvo, dengan diumumkannya rencana peluncuran XC60 T8 plug-in hybrid spesial dengan material khusus. Pabrikan mobil Swedia itu menargetkan di 2025, setidaknya 25 persen plastik yang digunakan di setiap peluncuran Volvo baru akan dibuat dari bahan daur ulang.

Untuk melakukan itu, Volvo Cars telah mendesak para pemasok industri untuk bekerjasama dengan semua produsen mobil agar membuat komponen generasi berikutnya yang lebih ramah lingkungan. 

Nantinya Volvo special XC60 T8 disebut akan menggunakan banyak plastik daur ulang. Beberapa komponen yang dibuat menggunakan bahan serat dan plastik daur ulang diantaranya adalah tunnel transmisi yang bersumber dari jaring ikan dan tali nelayan. 

Selain itu, karpet mobil yang dibuat menggunakan plastik dari hasil daur ulang botol plastik dan campuran katun dari produsen pakaian. Termasuk serat PET yang digunakan untuk bahan jok, dan jok bekas dari mobil tua yang diaplikasikan sebagai bahan penyerap suara di bawah kap.

"Kami sudah bekerja dengan beberapa pemasok besar. Namun, kami perlu meningkatkan ketersediaan plastik daur ulang jika kami ingin mewujudkan ambisi kami. Itulah mengapa kami meminta lebih banyak pemasok dan mitra baru untuk bergabung dengan kami dalam berinvestasi dalam plastik daur ulang dan untuk membantu kami mewujudkan ambisi kami," kata Senior Vice President of Global Procurement at Volvo Cars Martina Buchhauser, seperti dikuitp Carscoops.


(UDA)