Tips Knowledge

Efek Buruk Mobil yang Sering Terjemur

M. Bagus Rachmanto    •    Jumat, 06 Apr 2018 09:49 WIB
tips knowledge
Efek Buruk Mobil yang Sering Terjemur
Mobil yang parkir di tempat terbuka dan sering terjemur matahari terlalu lama bikin cat kusam. Parkingsenseusa

Jakarta: Kondisi cuaca yang tak menentu dan terkadang terik sangat menyengat, ternyata bisa memberikan efek buruk terhadap mobil yang sering terparkir di tempat terbuka. Apalagi jika berlangsung dalam waktu lama. Apa saja efek buruk tersebut?

Dampaknya untuk interior, suhu tinggi dalam kabin bisa sangat tinggi hingga berpengaruh terhadap dashboard mobil. Bahkan efek terburuk dalam jangka panjang dashboard bisa rusak atau retak-retak.

Untuk eksterior, warna cat mobil akan cepat pudar dan kusam apabila sering terjemur matahari. Selain itu, komponen atau bagian yang terbuat dari karet, seperti wiper menjadi tidak awet dan dapat mengeras. Akibatnya bisa menyebabkan baret di kaca ketika mengoperasikannya. 

Rangga Nuansa, pemilik bengkel di Serang Banten, menjelaskan salah satu penyebab cat mobil cepat kusam adalah sinar matahari. 

Angga menyarankan untuk memarkir kendaraan di tempat yang teduh. Hal ini untuk menghindari paparan secara langsung sinar matahari yang dapat merusak lapisan cat mobil.

Pria ramah ini juga menyarankan untuk memoles mobil dengan pelindung cat/wax. Memoles mobil dengan wax secara rutin dapat melindungi mobil dari sinar ultraviolet. "Rajin-rajin saja mobilnya diseka dengan wax. Kalo perlu seminggu sekali mobilnya diseka, biar tetap mengkilap."

Jika parkir di rumah tanpa garasi, maka bisa diberikan atap kanopi atau menggunakan cover bodi mobil, agar mobil tidak terkena sinar matahari langsung. 

Saat parkir di area terbuka, sebaiknya tegakkan wiper. Kaca mobil adalah pemantul panas yang baik, jika wiper dibiarkan terus menempel di kaca yang panas, kondisinya bisa cepat mengeras. Buka sedikit kaca hingga udara bisa masuk, untuk memberikan sirkulasi udara yang cukup agar dalam kabin tidak menjadi pengap dan panas.


(UDA)