Industri Otomotif

Honda Masih Tahan Kenaikan Harga Mobil

Ekawan Raharja    •    Rabu, 01 Aug 2018 14:10 WIB
industri otomotifhonda mobil
Honda Masih Tahan Kenaikan Harga Mobil
Honda masih akan mempertahankan harga mobilnya di GIIAS 2018. Medcom.id/Ekawan Raharja

Jakarta: Beberapa pabrikan otomotif sudah ancang-ancang untuk menaikan harga jual kendaraan mereka karena nilai tukar Rupiah yang terus melemah. Cuma Honda masih tetap berusaha untuk mempertahankan harga jual mobil-mobilnya.

Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor (HPM), Jonfis Fandy, menjelaskan hingga saat ini mereka masih belum memiliki rencana untuk menaikan harga jual mobil. Setidaknya harga ini akan tetap bertahan hingga Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.

"Sampai saat ini belum (penyesuaian harga). Tapi mungkin sehabis GIIAS 2018 kita akan pikirkan lagi apakah adjusting harga diperlukan atau tidak," ujar Jonfis di Dealer Honda Nusantara MT Haryono Jakarta Selasa (31/7/2018).

Menurutnya hingga saat ini Honda Indonesia juga belum membahas mengenai kenaikan harga mobil. Mengingat sejumlah strategi mereka masih bisa untuk mempertahankan harga jual saat ini.

Salah satu kunci bisa mempertahankan harga hingga saat ini adalah produksi yang dilakukan di Indonesia. Kemudian ada beberapa juga efisiensi yang dilakukan di beberapa sektor untuk tetap mempertahankan harga.

"Karena memang meskipun dirakit dalam negeri, ada beberapa komponen yang harus dikirim dan transaksinya memakai Dolar. Jadi sedikit banyak berpengaruh."

"Sampai saat ini kita belum putuskan, yang pasti sampai GIIAS kita tidak akan naik."

Beberapa APM juga menegaskan bakal menjaga harga produknya sambil melihat pergerekan ekonomi nasional. Jika terus terpuruk, bisa jadi mereka juga menetapkan harga baru dalam beberapa waktu ke depan.


(UDA)