Klub dan Komunitas

Begini Cara Pengguna Triton Belajar Offroad

   •    Sabtu, 12 Nov 2016 18:14 WIB
klub mobil
Begini Cara Pengguna Triton Belajar Offroad
Para peserta mencoba trek licin dan menanjak dengan cara maksimalisasi torsi dan traksi. MTVN/Ahmad Garuda

Metrotvnews.com, Bogor: Ada cara unik belajar offroad yang dipraktekkan para pengguna mobil double cabin 4x4. Yaitu bagaimana caranya menggunakan fitur 4x4 dalam trek ekstrim namun tetap aman sesuai standar. Ini penting, mengingat banyak juga yang melakukannya sekadar hobi namun mengalami masalah saat prakteknya.

Cara belajar offroad ini diikuti oleh komunitas pemilik MItsubishi Triton yang hanya jadi kalangan penghobi saja. Agar lebih seru belajar offroad, Mitsubishi menghadirkan duta brand-nya yaitu Rifat Sungkar yang juga jadi pereli nasional. Kemudian juga instruktur safety driving dari Indonesia SmartDrive.

"Banyak perbedaan mendasar berkendara mobil 4x4 di jalur yang ekstrim dengan berkendara di jalan biasa yang juga ekstrim. Salah satu bagian kecil adalah memanfaatkan torsi dan traksi ban hanya dengan mengeluarkan sedikit tenaga. Kalau melibas jalur ekstrim dengan cara kencang, itu sih biasa saja. Tapi kan itu bukan cara yang aman," beber Consultant Safety Driving Indonesia SmartDrive, Momon S Maderoni di Desa Pelangi, Sentul Selatan pada Sabtu (12/11/2016).  

Sesi coaching clinic tentang recovery dengan beberapa cara

Agar komunitas ini paham dengan dasar-dasarnya, mereka juga diajar bagaimana memanajemen feeling berkendara yang baik. "Sebenarnya ini agak sulit, karena feeling itu tidak ada sekolahnya. Semua orang punya feeling yang berbeda-beda saat berkendara."

Dalam sesi praktek pun terbukti, masih banyak peserta yang terlihat panik dengan menekan pedal gas dengan kuat di zona licin, menanjak dan membuat roda jadi selip. Padahal Momon sudah menegaskan bahwa mereka fokus untuk belajar cara berkendara aman di trek ekstrim.

"Acara ini kami gelar bagi mereka pengguna mobil double cabin, bukan hanya dari komunitas Mitsubishi saja, tapi juga dari komunitas double cabin merek lain. Setidaknya ini menjadi cara untuk mengenalkan fitur terbaik Triton untuk keperluan berkendara offroad," ungkap Head MMC Sales & Marketing Group PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), Imam Choeru Cahya.

Imam melanjutkan bahwa kegiatan ini rencananya bakal mereka teruskan ke beberapa kota. Mengingat pasar kendaraan 4x4 double cabin ini, tetap punya potensi besar.


(UDA)