4 Langkah Jitu Merawat AC Mobil

Ekawan Raharja    •    Sabtu, 15 Oct 2016 13:30 WIB
tips mobil
4 Langkah Jitu Merawat AC Mobil
Caption: AC perlu dirawat dengan baik agar kinerjanya tetap baik dan memiliki masa pakai yang panjang. MTVN/Ekawan Raharja

Metrotvnews.com, Jakarta: AC merupakan salah satu fitur penunjang yang sangat dibutuhkan mayoritas penumpang mobil. Namun jika fitur satu ini tidak dirawat, kinerjanya akan menurun secara perlahan sehingga tak lagi bisa mendinginkan.

Ada beberapa cara sederhana untuk merawat AC. Diharapkan dengan langkah sederhana ini, AC bisa tetap dingin dan bisa digunakan dalam waktu yang lama.

1. Pastikan Kabin Mobil Selalu Bersih
Kondisi interior mobil berpengaruh terhadap kinerja AC. Jika mobil kotor, kotoran akan masuk ke dalam filter AC. Jika sudah begini, filter AC harus bekerja lebih keras untuk menyaring udara dari debu dan kotoran. Alhasil masa pakai filter AC jadi berkurang.

2. Buka Kaca Sebelum Menyalakan AC
Sempatkan membuka kaca sebelum menyalakan AC. Setelah itu, gunakan blower yang tertinggi. Hal ini bertujuan agar uap panas kabin cepat keluar sehingga membuat kinerja AC bekerja secara maksimal.

3. Jangan Biarkan AC Bekerja Terus Menerus
Jika menempuh perjalanan jauh, sebaiknya sempatkan mematikan AC beberapa saat. Tujuannya untuk mengistirahatkan AC dan menghindari pembekuan di saluran AC.

4. Bersihkan Kondensor AC
Membersihkan kondensor AC secara berkala dengan cara menyemprotkan air. Kondensor yang bersih menjadikan hembusan udara dari AC akan lebih cepat dingin.

Demikian langkah sederhana untuk merawat AC. Selamat mencoba!


(HIL)