Airbag Takata

Komponen Airbag Takata Pecah saat Diujicoba

Ekawan Raharja    •    Selasa, 27 Sep 2016 15:16 WIB
uji tabrak
Komponen <i>Airbag</i> Takata Pecah saat Diujicoba
Inflator airbag Takata mengalami pecah saat diujicoba oleh NHTSA. NBCNews.com

Metrotvnews.com: Jutaan mobil di seluruh negara harus di-recall karena mengalami permasalahan inflator airbag yang membahayakan. Hasil tes pun menunjukan komponen pecah saat sedang diujicoba.

National Highway Traffic Safety Administration melakukan ujicoba terhadap 245 ribu inflator airbag dari mobil yang di recall. Alhasil 660 unit mengalami pecah saat dilakukan ujicoba.

Tes tersebut mengilustrasikan risiko konsumen yang tidak menjalani program recall. Hal ini juga menunjukan bahwa komponen airbag Takata mengalami penurunan dari waktu ke waktu, sehingga perlu dilakukan penggantian komponen.

Pecahnya airbag dikarenakan material yang digunakan Takata bukan kualitas terbaik, ini terkait masalah produksi. Kombinasi waktu, paparan kelembapan, dan suhu berpengaruh membuat alumunium nitrat di dalam airbag tidak stabil.

Airbag Takata diketahui juga banyak tergantung kepada cairan kimia. Produsen airbag lainnya menghindari komponen tersebut karena keamanannya yang masih belum teruji.

Saat ini Takata sedang memfokuskan diri untuk memperbaiki airbag mereka. Mereka bekerja sama dengan pihak independen dan ahli teknis agar kejadian ini tidak terulang kembali.

"Kami meminta maaf kepada mereka yang terpengaruh kegagalan inflator," ujar Juru Bicara Sard Verbinnen & Co untuk Takata, Jared Levy, seperti dikutip dari Bloomberg.

Seperti diketahui sudah ada 15 korban meninggal karena permasalahan airbag ini. Mereka meninggal setelah airbag mengembang dan terkena serpihan pecahan inflator tersebut.

Recall tercatat sebagai yang terbesar sepanjang sejarah komponen otomotif. Recall ini tidak hanya menyeret satu merek mobil, tapi banyak merek mobil di seluruh negara yang produknya menggunakan airbag Takata.

Di Indonesia, Toyota, Nissan, dan Honda sudah mengumumkan recall terkait airbag Takata. Hal ini dilakukan mereka untuk melindungi konsumennya dari kondisi yang tidak diinginkan.


(UDA)