Teknologi Otomotif

Audi A8 2019, Sedan Otonom Pertama di Jalan Raya

Ainto Harry Budiawan    •    Minggu, 16 Jul 2017 08:18 WIB
autonomous
Audi A8 2019, Sedan Otonom Pertama di Jalan Raya
Audi A8 2019 ditargetkan masuk jalur produksi massal pada tahun depan. extremetech/audi

Metrotvnews.com: Audi A8 2019 yang baru saja diperkenalkan di Barcelona, sarat dengan aneka teknologi terkini. Tetapi fitur terpentingnya adalah Audi AI Traffic Jam Pilot yang memungkinkan sedan sport mewah tersebut melaju otonom hingga batas kecepatan 60 kilometer per jam.

Audi AI Traffic Jam Pilot merupakan pengembangan sistem Traffic Jam Assist yang sederhana. Perangkatnya terdiri dari lima kamera di sekeliling body A8, lima radar dan enam sensor Nvidia. Teknologi automous level tiga ini memungkin mobil melaju otonom dalam jalur lurus dan pengemudi harus siap mengambil alih kendali setiap saat.

Fitur ini sangat cocok untuk perkotaan padat yang lalu lintasnya rawan macet seperti Jakarta. Ketika mobil berada di depan dan samping mulai beringsut maju, gerakan yang ditangkap kamera dan jaraknya diukur radar. Data dikirim ke prosesor yang lalu memerintahkan A8 2019 bergerak menyesuaikan kecepatan rata-rata kendaraan lain di sekitarnya dan tetap menjaga jarak aman.

Maka demikian juga sebaliknya ketika mobil di depan tiba-tiba berhenti. Selama mobil bergerak melaju stop-n-go, kita dapat mengalihkan pandangan ke smartphone. Jari tangan bisa dialihkan dari roda kemudi ke smartphone untuk menulis pesan, update status bahkan masih sempat memposting foto di media sosial.

Ketika sensor membaca bahwa laju rata-rata mobil di sekitar mendekati 60 kilometer per jam, alarm akan mengingatkan kita untuk mengambil alih kendari. Bila tidak juga kendali diambil alih -mungkin kita tertidur- secara otomatis Traffic Jam Pilot berangsur mengurangi kecepatan mobil hingga berhenti sama sekali lantas mengaktifkan alarm dan menghubungi layanan gawat darurat.

Tapi tidak sekaligus menepi lho. Ingat teknologi autonomous level tiga belum mampu membuat mobil bermanuver cepat atau berpindah jalur demi hindari lubang atau kendaraan lain yang tiba-tiba memotong jalur. Hanya maju dan berhenti di jalur yang sama.



Sumber tenaga sistem canggih tersebut adalah batere listik 48 volt. Sebuah baterei 48 volt lain menggerakan motor sistem suspensi aktifnya yang tidak kalah canggih. Sedangkan fitur seperti power window, reclening, heater, back and foot massage, power steering elektronik dan lain sebagainya ditenagai baterei 12 volt yang terpisah.

Interior sedan bermesin hybrid V6 atau V8 ini nampak minimalis. Hampir semua tombol -termasuk kenop pengontrol Multi Media Interface- dipindahkan ke deretan menu setup yang bisa diakses melalui dua layar sentuh di tengah kokpit dan kabin penumpang.



Audi menargetnya tahun depan A8 2019 sudah bisa masuk jalur produksi massal. Harga yang 'cuma' USD 100 ribu tergolong sepadan dengan semua kemewahan dan teknologi canggihnya.

 


(LHE)