Mobil Baru

Hyundai Mulai Mainkan Segmen Bus Listrik

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 05 Jun 2017 11:50 WIB
hyundai
Hyundai Mulai Mainkan Segmen Bus Listrik
Hyundai Elec City jadi terobosan baru Hyundai. Indianautosblog

Metrotvnews.com: Perusahaan otomotif asal Korea Selatan, Hyundai Motor kembali unjuk teknologi terbaiknya. Mereka mengenalkan Elec City, sebuah bus kota namun dengan tenaga listrik.

Bis listrik ini dikenalkan dalam sebuah acara Hyundai Truck & Bus Mega Fair yang berlangsung di Goyang, Gyeonggi, Korea Selatan. Tak seperti Elec City terdahulu yang masih konsep, Hyundai disebut akan segera memproduksinya tahun depan.

Elec City punya paket baterai dengan daya 256 kWh, berbahan lithium polymer. Hanya butuh waktu 67 menit untuk mengisi daya baterai ini dari kosong sampai penuh.

Dengan baterai penuh, Elec City mampu melaju sejauh 290 kilometer untuk satu kali pengisian. Untuk menjaga efisiensi baterai, bus ini dilengkapi dengan sistem pengontrol temperatur otomatis, yang mampu mencegah baterai over charging dan mengatur suhu baterai sesuai kondisi cuaca.

Tak hanya itu, Hyundai juga mengklaim bis ini mampu menghemat biaya operasional hingga 3 kali bus biasa. Tanpa bahan bakar dan masa pakai baterai yang tahan lama, tentu perusahaan bis akan mendapat untung lebih besar dan lebih ramah lingkungan.

Meski belum dijual, Elec City sudah punya kompetitor, yakni eBus-12, bus listrik versi Korea dari perusahaan asal Tiongkok BYD. Saat ini Hyundai Truck & Bus akan kembali ke Indonesia, dan bisa jadi Elec City ada peluang untuk dijual di Indonesia.


(UDA)