Teknologi Otomotif

Mengenal Fitur Visibilitas Daytime Running Light

M. Bagus Rachmanto    •    Jumat, 30 Jun 2017 07:28 WIB
teknologi otomotif
Mengenal Fitur Visibilitas <i>Daytime Running Light</i>
Fitur Daytime Running Light (DRL) atau lampu jalan siang hari pada mobil. MTVN/M. Bagus Rachmanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat ini keamanan mobil menjadi fokus para industri otomotif dunia. Fitur keselamatan yang disematkan di mobil pun kian beragam, mulai dari sabuk keselamatan hingga keamanan sektor visibiliti, yang disebut Daytime Running Light (DRL) atau lampu jalan siang hari.

Dikutip dari Powerbulbs.com, tujuan penggunaan DRL adalah untuk meningkatkan visibilitas mobil Anda, sehingga pengemudi lain bisa melihat Anda di jalan, karena pada siang hari sebagian besar pengemudi biasanya mematikan lampu mobil mereka.

Instruktur Safety Institute Indonesia, Dhany Ekasaputra menerangkan, DRL adalah kemajuan teknologi yang dibuat untuk menunjang keselamatan berkendara, khususnya dari sektor visibiliti. Piranti ini akan bertugas memancarkan cahaya pada siang hari, dan berfungsi untuk memberi informasi kepada pengguna jalan lain.

Prinsip kerja DRL adalah memancarkan cahaya yang tidak membuat silau pengguna jalan lain, untuk itu pemasangan DRL biasanya berada di dalam headlamp atau lampu utama yang memiliki jangkauan penglihatan terhadap pengendara lain sekitar 5-?10 meter.

Selain itu, DRL didesain khusus untuk meredup secara otomatis apabila lampu utama dinyalakan, terutama saat lampu utama sering digunakan pada malam hari. Namun, tidak semua mobil keluaran terbaru telah dilengkapi dengan standar fitur visibiliti ini.

Tidak sedikit pula pemilik yang sengaja menambahkan atau memasang DRL aftermarket di mobilnya. Sayang, DRL aftermarket biasanya tidak bisa meredup secara otomatis, karena kebanyakan dipasang terpisah dengan lampu utama. Bahkan DRL aftermarket terkadang memiliki cahaya yang lebih terang ketimbang lampu utama.

"Ada baiknya pemasangan DRL aftermarket disesuaikan dengan fungsi utamanya, sehingga sinar atau cahaya yang dipancarkan tidak lebih terang dari lampu utama, karena bisa membahayakan pengendara lain," papar Dhany.


(UDA)