Tips Knowledge

Rawat Karet List Atap Mobil agar Tak Cepat Getas

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 30 Jul 2018 12:17 WIB
tips knowledge
Rawat Karet List Atap Mobil agar Tak Cepat Getas
Karet list atap mobil juga perlu mendapat perawatan. Tacomaworl

Jakarta: Kemajuan teknologi di industri otomotif membawa perubahan baik terhadap desain mobil maupun fitur yang disematkan. Dulu desain mobil lebih banyak terlihat kotak, sekarang sudah banyak yang mengusung model membulat dan lancip atau boxy. 

Namun dari segi fungsi, ada komponen yang tidak banyak mengalami perubahan, hanya desainnya saja yang disesuaikan agar lebih menarik untuk menunjang penampilan mobil, seperti karet list atap. Tak sedikit pemilik yang belum paham fungsi dari karet list atap. Lantas apa fungsi dari komponen kecil dan memanjang di atap mobil tersebut?. 

Dikutip dari laman Mitsubishi, fungsi karet list atap tidak hanya sebagai pemanis atau aksesoris bawaan mobil. Tetapi juga memiliki fungsi untuk mengarahkan jalur air.

Selain itu karet list atap juga sebagai pelindung sela-sela atap mobil. Memang tidak sepenuhnya karet list atap dapat dikatakan sebagai pelindung untuk mobil, namun ketika musim hujan, karet list atap mencegah air dan kotoran bersarang di sela-sela atap yang bisa mengakibatkan kotor dan berkarat.

Kemudian, list karet di atap mobil juga berfungsi sebagai pelindung penumpukan genangan air. Karet list atap yang rusak dapat menyebabkan penumpukan air hingga mengakibatkan air masuk ke dalam kabin.

Mereka mengatakan, ada dua hal yang menyebabkan karet list atap mobil rusak. Pertama karena terlalu banyak kotoran yang menumpuk dan akhirnya berkembang menjadi jamur. Kedua karena karet list atap sudah getas hal ini dikarenakan sering terkena panas sinar matahari.

Nah, mulai sekarang tidak ada salahnya bagi pemilik untuk melakukan perawatan secara berkala pada komponen yang satu ini. Selain menjaga keindahan mobil, pastinya bisa membuat beberapa komponen mobil Anda menjadi lebih awet.


(UDA)