Mobil Baru

Intip Limusin Asal Tiongkok 'Hongqi'

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 30 Jul 2018 09:09 WIB
mobil baru
Intip Limusin Asal Tiongkok 'Hongqi'
Hongqi L5 limusin asal Tiongkok. Carscoops

Tiongkok: Memang namanya tak sesanter limusin milik Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Tapi limusin asal Tiongkok ini merupakan mobil kebanggaan di tanah kelahirannya, yang dijuluki 'Hongqi' yang berarti 'bendera merah', diklaim menjadi mobil termahal di Tiongkok. 

Bahkan Persiden Republik Indonesia, Joko Widodo disebut pernah menggunakan mobil ini saat mengikuti Forum Kerja Sama Asia Pasifik (APEC) 2014 lalu. Mobil yang digunakan Jokowi merupakan seri Luxury L5. 

Hongqi diproduksi dan mulai debutnya sebagai kendaraan kenegaraan Tiongkok sejak 1958, oleh grup China FAW, di mana mantan pemimpin Tiongkok, Mao Zedong sebagai salah satu kepala perusahaan itu.

Sekitar empat tahun yang lalu, limusin retro-modern ini sebagai mobil paling mahal di Tiongkok yang harganya mencapai 5 juta yuan atau USD800 ribu (sekitar Rp11,6 miliar)

Desain model ini terlihat seperti mengkombinasikan antara Maybach 600 dan Chrysler tahun 1960-an. Beratnya lebih dari 3 ton dan lebarnya sekitar 2 meter. Bodinya memiliki lebar 5,55 meter lebih lebar dari S-Class Mercedes-Maybach yang hanya berukuran lebar 5,2 meter. 

Tenaganya bersumber dari mesin V12 6.0 liter yang diklaim menghasilkan 408 daya kuda dan torsi 550 Nm, yang dikawinkan dengan gearbox enam kecepatan. Hongqi L5  disebut sebagai jawaban Tiongkok untuk mobil super premium, seperti Bentley Mulsanne dan Rolls-Royce Phantom. 


(UDA)