Mobil Baru

Beli MPV Baru, Penggerak Roda dan Brand jadi Acuan

Ahmad Garuda    •    Senin, 04 Sep 2017 18:33 WIB
mobil baru
Beli MPV Baru, Penggerak Roda dan <i>Brand</i> jadi Acuan
Wuling Confero S dan Mitsubishi Xpander dua low MPV terbaru yang bersaing di pasar nasional. Wuling/Mitsubishi

Metrotvnews.com, Jakarta: Kemunculan dua low MPV baru di pasar otomotif nasional, menjadi berita bagus buat masyarakat kita. Selain menambah banyaknya pilihan mobil yang bisa dibeli, juga membuat peta persaingan brand otomotif di pasar nasional berubah.

Mitsubishi yang membawa Xpander dan Wuling dengan Confero-nya, tampil begitu optimis di pasar nasional. Keduanya adalah pemain baru dalam kategori tertentu yaitu MItsubishi baru bermain di segmen low MPV 7-seater, kemudian Wuling merupakan pemain otomotif baru di pasar nasional.

Menarik memperhatikan pola pasar keduanya, mengingat Mitsubishi yang merupakan brand terpercaya di pasar nasional, meraup penjualan yang cukup besar untuk small MPV-nya itu. Dengan total penjualan selama pameran otomotif selama 11 hari Agustus lalu, mencapai 5.200 unit, lebih dari cukup untuk membuktikan bahwa mereka jadi idola baru MPV di pasar nasional.

Sementara untuk Wuling melalui Confero, juga tidak mengecewakan, karena mereka mampu menjual sekitar 600 unit mobil selama pameran tersebut. Tawaran harga yang lebih murah sekitar 30 juta, tentunya jadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang ingin low MPV baru dan fitur-fitur terbaru pula.

Lantas apa yang masih ramai jadi perbincangan di masyarakat sekarang? Ternyata masih seputar masalah penggerak roda belakang dan depan (RWD VS FWD) jadi masalah utamanya. Mengingat pakem mobil low MPV sejuta umat milik Toyota-Daihatsu menggunakan sistem penggerak ini.

Meski mayoritas low MPV yang muncur dari brand-brand Jepang lainnya seperti Suzuki Ertiga, Nissan Grand Livina dan Honda Mobilio menggunakan penggerak roda depan, banyak yang menyayangkan Xpander mengikuti pakem itu. Mengingat desain yang tangguh, dianggap wajib berpenggerak roda belakang.

Sementara Wuling Confero yang hadir mengikuti pakem penggerak roda Avanza-Xenia, juga banyak dipertimbangkan para pemilihnya. Tapi kalau bicara soal brand, ceritanya tentu akan berbeda. Dan itu bisa dibuktikan dengan jumlah penjualan di debut awal kedua low MPV terbaru tersebut.

Mitsubishi dengan penggambarannya sebagai brand yang tenar memproduksi mobil-mobil tangguh, turut mendongkrak popularitas Xpander. Sementara Wuling, meski didaulat sebagai brand dengan penjualan low MPV terbanyak dunia, masih harus berkutat dengan brand image mobil Tiongkok yang cenderung berkualitas rendah.

Tapi ini hanya masalah waktu. Tentang apakah mereka mampu bertarung meraih penjualan terbaik hingga akhir tahun nanti dan strategi penjualan dan purna jual mereka, bakal terbukti mulai tahun depan.


(UDA)