Industri Otomotif

Gaikindo Optimis, Target Penjualan Mobil Bisa Tercapai

Ekawan Raharja    •    Rabu, 20 Sep 2017 14:03 WIB
industri otomotif
Gaikindo Optimis, Target Penjualan Mobil Bisa Tercapai
Gaikindo pasang target penjualan hingga 1,1 juta unit sepanjang 2017. MTVN/Ekawan

Metrotvnews.com, Surabaya: Penjualan mobil hingga saat ini terus berlangsung, dan kini sudah masuk ke periode kuartal ketiga 2017. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) sudah mencatat 715.291 unit mobil baru terjual hingga Agustus lalu yang juga disemarakkan dengan pameran otomotif terbesar di Indonesia.

Angka ini diklaim sudah cukup baik karena mengalami pertumbuhan 4 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Bila dicermati, pertumbuhan terjadi akibat adanya pertumbuhan kendaraan komersial di segmen heavy duty.

"Memang belum tumbuh secepat dan sebanyak yang diharapkan. Ada indikasi lain yang menarik, yaitu segmen truk 24 ton mengalami kenaikan hingga 80 persen," ujar Seketaris Jenderal Gaikindo, Kukuh Kumara, pada Selasa (19//9/2017) di Restauran Layar Surabaya.

Di awal tahun, asosiasi pabrikan kendaraan komersial dan penumpang tersebut menetapkan target penjualan dikisaran 1,1 juta unit selama 2017. Jika dihitung maka masih kurang 387.709 unit, atau dibutuhkan penjualan sekitar 96 ribu unit per bulan, untuk bisa mencapai target.

Gaikindo tentu tidak diam saja untuk mencapai target tersebut. Sejumlah rencana sudah dipersiapkan seperti mengadakan pameran-pameran otomotif.

Saat ini Gaikindo memiliki acara lebaran otomotif yang bernama Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) setiap tahunnya. Tidak cuma di satu tempat saja, pameran otomotif ini juga dilakukan di berbagai daerah di seluruh Indonesia seperti Makassar, Surabaya, dan Medan.

"Pameran jelas merangsang pertumbuhan. Dengan pameran orang bisa membandingkan satu dengan yang lain dalam satu tempat dengan waktu bersamaan," jelas Kukuh.

"Secara keseluruhan dengan adanya kenaikan empat persen artinya positif, makanya kami tetap melakukan pameran yang artinya ingin menyampaikan informasi bahwa ada produk baru."

Di sisi lain pameran otomotif juga berguna untuk produsen mobil. Konsumen bisa mendapatkan informasi juga mengenai produk-produk yang diinginkan oleh konsumen dan akhirnya menyediakan produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.


(UDA)