Teknologi Otomotif

Mazda Belum Berminat Memboyong Mesin Diesel

Ekawan Raharja    •    Rabu, 12 Jul 2017 08:10 WIB
mazda
Mazda Belum Berminat Memboyong Mesin Diesel
Mazda Indonesia belum berniat memasukkan tipe mesin diesel. MTVN/Ekawan Raharja

Metrotvnews.com, Jakarta: Mazda saat ini terus melengkapi lini produknya. Namun hingga saat ini merek asal Jepang tersebut belum memiliki varian monil bermesin diesel.

Diakui hingga saat ini Mazda Indonesia masih belum memiliki rencana untuk memasarkan mobil bermesin diesel. Hal ini tidak terlepas dari kualitas bahan bakar solar di Indonesia yang tidak memenuhi standar mesin diesel Mazda.

"Kita punya solar masih Euro 2. Standar Mazda diesel sudah Euro 4," ucap Direktur Penjualan, Pemasaran, dan Humas PT Eurokars Motor Indonesia, Ricky Thio, Rabu (11/7/2017) di Taman Indie River View Malang.

Jika melihat arah kebijakan pemerintah, rencananya standar emisi gas buang di Indonesia akan segera ditingkatkan dari Euro 2 menjadi Euro 4. Nantinya regulasi ini akan berlaku untuk mesin bensin mulai 2018, dan mesin diesel mulai 2021.

Ketika disinggung mengenai hal tersebut, Mazda Indonesia akan melihat dulu. Tentu kemungkinan akan selalu ada jika memungkinkan, dan akan dilakukan studi terlebih dahulu.

"Kalau teknologi ada, infrastuktur tersedia, dan pasarnya tersedia kenapa tidak, pungkas Ricky.

Secara global, Mazda sudah membenamkan mesin diesel untuk Mazda CX-5 dan Mazda6. Namun berbeda dengan di Indonesia yang hanya membekali dengan mesin bensin di seluruh produk mereka.


(UDA)