IOX Ultimate Celebes 2017

IOX Bakal Jelajah Tanah Celebes

Ekawan Raharja    •    Minggu, 17 Sep 2017 18:17 WIB
offroadadventure offroadiox celebes 2017
IOX Bakal Jelajah Tanah Celebes
Proses scrutineering yang dilakukan penyelenggara sebelum menjalani event IOX Celebes. IOX/Iwan Stratocaster

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia Offroad Expedition (IOX) kembali mempersiapkan kegiatan petualangan offroad. Kali ini mereka berencana untuk menjelajah berbagai daerah di Sulawesi melalui kegiatan IOX 2017 Celebes.

Kegiatan ini merupakan acara tahunan yang selalu dilakukan oleh komunitas offroad tersebut. Sebelumnya mereka juga sudah melakukan kegiatan serupa di Buktitinggi-Palembang 2012, Sabang-Medan 2013, Lahat-Monas 2014, Jakarta-Surabaya 2015, dan Yogyakarta-Bali 2016.

Kali ini mereka berencana untuk melanjutkan ekspedisi menuju Sulawesi dengan mobil dan juga sepeda motor. Rencananya mereka akan memulai perjalanan mulai 7-21 Oktober 2017, dari Kendari menuju Makassar.

"Tahun-tahun sebelumnya sudah di Sumatera, Jawa, dan Bali. Atas masukan teman-teman, akhirnya kita memulai ekspedisi di Sulawesi," ucap Penanggung Jawab IOX 2017 Celebes, Dandossi Matram, pada Minggu (17/9/2017) di Epicentrum Kuningan Jakarta.


Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, IOX 2017 Celebes memiliki dua konsep perjalanan yakni ekspedisi dan overland. Meski sama-sama menjelajah Sulawesi, hanya saja keduanya memiliki dua konsep yang berbeda.

Dalam program ekspedisi ini, peserta bakal dihadapkan kepada medan-medan sulit yang sudah menanti untuk ditaklukan. Di sini para peserta akan diuji kemampuan fisik, mental dan kendaraannya untuk menembus rute-rute ekstrim di dua provinsi di Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan.

Kemudian berbeda ekspedisi, konsep overland lebih kepada menikmati pemandangan dan berwisata di Sulawesi. Nantinya peserta akan diajak untuk melintas jalanan on-road dan berkemah selama 15 hari di alam terbuka.

"Konsep ini baru dan mengakomodir permintaan kepada teman-teman yang ingin bersantai. Sebelumnya banyak teman-teman yang baru saja mengikuti acara offroad beberapa waktu lalu, sehingga banyak yang meminta untuk sekedar berwisata dan bersenang-senang," ujar Ketua IOX, Sri Hascaryo, dalam kesempatan yang sama.

Baik ekspedisi dan overland akan berangkat dan finish di titik yang sama. Hanya saja keduanya akan melewati jalur yang berbeda, sesuai dengan konsep yang sudah ditentukan.

Membahas jalur overland, untuk mobil dan sepeda motor juga akan menggunakan jalur yang berbeda. Peserta mobil akan melintasi daerah Kendaro, Taman Nasional Rawa Opa, Kendari, Kolaka, Bekongan, Danau Matano, dan beberapa daerah lain. Sedangkan yang sepeda motor akan melintasi Kendari, Danau Masano, Tanjung Bira, dan Makassar.

Ketua Panitia IOX Celebes 2017, Firzal Muzaffar, menjelaskan tercatat sudah ada 87 mobil dan 61 sepeda motor yang ikut IOX 2017 Celebes. "Untuk overland masih sekitar 10 mobil dan 10 sepeda motor karena masih sebagai percontohan. Mungkin tahun depan akan lebih baik dan bisa lebih banyak," beber Firzal.


(UDA)