Mobil Baru

Honda Accord 2018, Si Anggun nan Sporty

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 19 Jul 2017 08:18 WIB
hondahonda mobil
Honda Accord 2018, Si Anggun nan <i>Sporty</i>
Honda Accord 2018 akan masuk jalur produksi akhir tahun ini dan dipasarkan awal tahun depan. newatlas/Honda

Metrotvnews.com: Honda melalukan perombakan besar-besaran terhada mid-size sedan andalannya, Accord. Generasi ke-10 yang dijadwalkan meluncur pada akhir tahun ini memiliki sosok yang lebih sporty dibandingkan generasi pendahulunya.

Kesan sporty ini dimunculkan fasad yang memiliki airdam besar, seolah menyatu dengan grille. Sepasang headlamp trapesium sipit dengan sudut tajam membuatnya nampak agresif. Buritannya turun melandai dengan desain lampu belakang sekilas mirip Civic Turbo.



Garis pinggangnya panjang dan tinggi. Karena tinggi badan Accord 2018 lebih rendah 1,5 sentimeter dan wheelbase lebih panjang 5,5 sentimeter, luas dua kaca sampingnya terkesan sempit. Tetapi lebih ramping satu sentimeter.

Baca juga: Si Tampan Accord 2018

Wheelbase panjang menghasilkan legroom yang lega bagi tiga orang penumpang di kabin belakang. Kapasitas bagasinya yang melonjak jadi 473 liter, membuat Accord 2018 ideal sebagai mobil keluarga. Tiga tas koper berukuran besar hingga sepeda lipat dapat masuk dengan mudah ke dalamnya.

Seperti yang Anda harapkan dari sebuah mobil keluarga modern, ada serangkaian fitur keselamatan aktif yang disematkan. Mulai dari sensor parkir dan kamera belakang, pengereman darurat otomatis, peringatan perpindahan jalur, cruise control adaptif dan peringatan titik buta. Honda bahkan memperkuat cangkang kabin sehingga lebih kuat menahan benturan dari segala sisi.



Sedangkan kokpitnya mengikuti trend desain masa kini, minimalis. Banyak tombol pengatur fitur dihilangkan. Sebagai gantinya pengaturan fitur dialihkan ke monitor layar sentuh yang lebar di bagian tengah dashboard. Bisa diakses melalui tombol di lingkar kemudi yang lembut dan nyaman digengam.

Honda menawarkan tiga pilihan mesin turbocharged untuk Accord 2018. Varian terendah ditenagai mesin turbocharged 1,5 liter empat silinder yang menghasilkan tenaga 192 daya kuda. Ada pula mesin turbocharged 2.0 liter bertenaga 252 daya kuda yang juga menghela Civic Turbo Type-R. Mesin sama dipakai varian tertinggi namun diberi tambahan teknologi hybrid terbaru yang memiliki efisiensi pembakaran tertinggi dari semua mesin pernah Honda produksi.



Urusan drivetrain, sedan berpenggerak roda depan menawarkan pilihan manual enam percepatan dan CVT 10 percepatan. Honda mengklaim transmisi CVT 10 percepatan di varian tertinggi Accord 2018 adalah generasi terbaru yang bobotnya lebih ringan 22 persen dibanding enam percepatan di Accord saat ini. Makin banyak gigi artinya jeda perpindahannya lebih pendek dan halus, lagi-lagi hasilnya adalah efisiensi bahan bakar.

Kurang seru buat tarik-tarikan dong? Iya sih, tapi Accord kan sedan keluarga.  

 


(LHE)