Komponen Aftermarket

NGK Luncurkan Busi Plat Merah

Ahmad Garuda    •    Jumat, 18 Aug 2017 14:49 WIB
komponen aftermarket
NGK Luncurkan Busi Plat Merah
NGK Racing, busi khusus untuk motor-motor balap. MTVN/Ahmad Garuda

Metrotvnews.com, BSD City: Produsen busi brand Jepang NGK, punya komitmen besar dalam mendukung balap motor. Bukan hanya level dunia, namun juga di level nasional. Tak heran jika brand yang kini punya pabrik besar di Ciracas, Jakarta Timur itu tidak ragu memasarkan busi racing di pasar nasional.

Hal ini dipaparkan langsung OEM Sales Manager, PT NGK Busi Indonesia, Eko Handoko. Bahwa apa yang mereka lakukan ini untuk memenuhi permintaan busi untuk tim-tim balap nasional. Mengingat mereka sangat menjaga kerja sama dengan brand otomotif dunia seperti merek-merek motor dari Jepang.

"Memang untuk busi plat merah ini atau busi racing, segmentasinya tidak sebesar busi-busi reguler. Makanya kami melakukan penjualan juga tidak sembarangan ke bengkel-bengkel atau toko-toko aksesoris. Namun lebih kepada tim-tim balap," klaim Eko.

Mengenai spesifikasinya, Eko mengakui bahwa terdapat perbedaan spesifikasi untuk tipe motor yang satu dengan tipe motor lainnya. Kemudian juga berbeda untuk sisi kapasitas mesin yang ada. Tapi untuk urusan performa atau memantik api di ruang bakar mesin, diklaim memiliki kemampuan sama.

"Kami bikin busi racing ini untuk semua jenis motor yang banyak digunakan balapan. Makanya spesifikasi detail setiap produk busi meski jenis sama, akan tetap berbeda dari sisi itu. Kemudian untuk lamanya waktu pemakaian busi ini, juga relatif. Karena motor kan juga hanya digunakan untuk balapan saja. Bukan untuk penggunaan harian yang jarak tempuhnya bisa terhitung."

Banderol khusus yang mereka berikan untuk busi tipe pelat merah ini sekitar Rp100 ribuan. Namun busi ini baru available buat tim-tim balap nanti di awal September yang bersamaan dengan hari raya Idul Adha.

"Dalam pengembangan busi khusus racing ini, kami juga dibantu oleh tim-tim balap lokal. Mereka memberikan masukan tentang apa yang mereka butuhkan untuk sebuah performa mesin. Terutama dalam hal pengapian dalam ruang bakar."


(UDA)