Industri Otomotif

Alasan Pentingnya Asuransi Kendaraan

M. Bagus Rachmanto    •    Jumat, 09 Jun 2017 11:13 WIB
asuransi kendaraan
Alasan Pentingnya Asuransi Kendaraan
Pilih produk asuransi kendaraan sesuai dengan kebutuhan. Motoraty

Metrotvnews.com, Jakarta: Salah satu cara menjaga dan merawat mobil selalu dalam kondisi baik dan layak pakai adalah dengan membeli produk asuransi kendaraan bermotor. Umumnya, produk asuransi ini menjamin setiap kerugian atau kerusakan pada mobil Anda.

"Secara industri, apa yang ditawarkan ansuransi kendaraan yang ada di luar negeri dan Indonesia sama saja, karena brand-nya juga ada di Indonesia. Hal yang membedakan adalah harga premi dan pertanggungan," ucap Chief Operating Officer PT Sompo Insurencace Indonesia (Sompo), Eric Nemitz, saat berbincang dengan Metrotvnews.com, di Jakarta, Kamis (9/6/2017).

Menurut Eric, ada beberapa alasan masyarakat membeli produk asuransi kendaraan bermotor. Pertama untuk melindungi dari risiko pencurian kendaraan. Jika kendaraan Anda dicuri, pihak asuransi akan memberikan sejumlah dana yang besarannya sesuai dengan ketentuan dari pihak asuransi.

Kedua untuk melindungi dari risiko kerusakan kendaraan. Asuransi akan memberikan sejumlah dana untuk perbaikan, yang besarannya sesuai dengan ketentuan dari pihak asuransi.

Ketiga adalah untuk membantu Anda bertanggung jawab pada pihak ketiga/third party liability, yang merupakan pembiayaan risiko untuk melindungi konsumen dari risiko kewajiban yang dikenakan oleh tuntutan hukum dan klaim serupa, yang diakibatkan karena adanya kerugian pada pihak ketiga (korban).

Untuk itu, agar tidak salah dalam memilih produk asuransi kendaraan bermotor, Eric berpesan. Hal yang penting adalah Anda harus tahu apa yang Anda inginkan dan butuhkan, karena menurutnya kebanyakan masyarakat hanya mementingkan harga yang murah. "Penting untuk diketahui, bahwa kenyataannya tidak ada benefit atau kualitas yang baik jika Anda membeli produk asuransi yang murah."


(UDA)