Industri Otomotif

Nissan Ingin Suntik Mati Juke?

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 26 May 2017 18:55 WIB
nissan
Nissan Ingin Suntik Mati Juke?
Nissan Indonesia kenlakan Juke Revolt untuk merangsang penjualan. Dok. MTVN

Metrotvnews.com: Nissan Juke merupakan mobil crossover dengan desain yang tak biasa. Mobil ini sudah hadir sejak tujuh tahun lalu. Namun ada kado pahit tentang keberadaan mobil ini, yakni rencana pabrikan Jepang tersebut menghentikan produksinya.

Dituliskan Carscoops, menurut dua sumber terpercaya mereka di brand tersebut mengatakan, kalau Nissan bakal menghentikan produksi Juke usai model 2017 atau 2018. Kabar ini untuk Juke di pasar Amerika, sedangkan untuk pasar Indonesia belum ada informasi lebih lanjut.

Rencananya Juke bakal digantikan oleh Kicks, yang sudah dikenalkan sejak tahun lalu pertama kali di Brazil. Penjualan Juke di Amerika pada Maret hanya mencapai 986 unit, drop hingga 47,8 persen dibandingkan bulan sama tahun lalu.

Pihak Nissan North America tak mau menanggapi rumor tersebut. Namun mengenai kehadiran Kicks, mereka tak menampik, bahkan menyebut pasar ini semakin panas, apalagi pabrikan lain bermain serius di sini.

Lantas bagaimana dengan di Indonesia? Juke tak berdaya melawan gempuran Honda HR-V, Toyota Rush, Daihatsu Terios bahkan Chevrolet Trax sekalipun. Berdasarkan data GAIKINDO, dalam empat bulan 2017 Juke hanya terdistribusi 35 unit saja.

Tentu Nissan Indonesia harus berpikir ulang untuk menghadirkan strategi lain, atau produk pengganti Juke. Rasanya Kicks akan lebih diterima konsumen Indonesia untuk meramaikan segmen Low SUV.


(UDA)