Bahan Bakar Minyak

Respons Pertamina Soal Hasil Uji Petik YLKI di 48 SPBU

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 23 Nov 2016 12:22 WIB
pertamina
Respons Pertamina Soal Hasil Uji Petik YLKI di 48 SPBU
Pertamina terus tingkatkan pelayanan SPBU. Dok. MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) melakukan uji petik di 48 SPBU wilayah Pertamina Marketing Operation Region III. Hasilnya, YLKI merasa ada beberapa SPBU yang harus dikaji ulang terkait jumlah takaran dan kondisi fasilitas pendukung.

Area Manager Communication & Relations Pertamina Jawa Bagian Barat, Yudi Nugraha langsung merespons hasil uji tersebut. Ia menegaskan Pertamina bakal menindaklanjuti hasil temuan ini serta terus berupaya mengedepankan pelayanan terbaik kepada konsumen.

Dalam melakukan pemeriksaan takaran, YLKI bekerja sama dengan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Metrologi Provinsi Jakarta, Kabupaten dan Kota Tanggerang, Bogor serta Kota Bekasi. Selain menguji keakuratan takaran, YLKI juga mengevaluasi pelayanan SPBU. Termasuk kondisi toilet dan musala.

Hasilnya, ditemukan 2 dari 229 nozzle melebihi standar batas toleransi, di 48 SPBU di wilayah Pertamina Marketing Operation Region III. Pengujian YLKI mengacu pada batas toleransi standard Metrologi Legal ≤±100ml/20lt.

Sementara pengujian yang dilakukan Pertamina menggunakan standar ≤ ±60ml/20lt dan menemukan 20 dari 229 nozzle melebihi standar batas toleransi di 48 SPBU di wilayah Pertamina Marketing Operation Region III.

"Hasil temuan uji petik tersebut masih dalam batas toleransi. Pasalnya masih sesuai dengan Keputusan Dirjen Perdagangan Dalam Negeri No. 37/PDN/KEP/3/2010 dan Ketetapan Standar Batas toleransi Internal Pertamina," tutup Yudi.


(HIL)