Teknologi Otomotif

Honda Patenkan Kaca yang Bisa Diatur Tingkat Kegelapannya

Ekawan Raharja    •    Minggu, 06 Nov 2016 16:00 WIB
teknologi otomotif
Honda Patenkan Kaca yang Bisa Diatur Tingkat Kegelapannya
Honda kembangkan kaca yang dapat diatur tingkat kegelapannya secara touch screen. Autoblog

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak pengguna mobil menggunakan kaca film untuk meredam intensitas cahaya yang masuk ke kabin. Namun tren tersebut berpotensi berubah. Sebab penggunaan kaca film akan mendapatkan saingan dari kaca pintar yang dikembangkan Honda.

Menurut Autoblog, kaca mobil ini tidak memerlukan kaca film atau peredam cahaya matahari. Penumpang cukup mengatur tingkat kegelapan kaca sesuai dengan yang diinginkan.

Penumpang cukup meletakkan jari di kaca untuk mengatur tingkat kegelapan kaca. Kontrol ini berada di tiap-tiap kaca mobil, sehingga setiap penumpang memiliki hak untuk mengatur kaca mobil.

Namun kelemahan kaca ini adalah meninggalkan bekas sidik jari di kaca. Jika sudah terlalu banyak sidik jari,kaca akan tampak kotor dan menggangu pengelihatan.

Saat ini,  teknologi tersebut sedang diadaftarkan kepada lembaga pengajuan hak paten di Amerika Serikat. Namun belum diketahui teknologi ini akan digunakan untuk mobil model apa.

Terlepas dari itu, teknologi ini menjadi ancaman serius bagi produsen kaca film. Jika ingin bertahan dan diminati publik, produsen kaca film tentunya  juga harus melakukan terobosan dan inovasi.


(HIL)