Teknologi Otomotif

Honda Riset Jaring Keselamatan Pejalan Kaki

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 26 Jul 2018 10:12 WIB
teknologi otomotif
Honda Riset Jaring Keselamatan Pejalan Kaki
Honda patenkan jaring penangkap pejalan kaki. Autoguide

Jepang: Kemajuan teknologi di industri otomotif tak hanya digunakan untuk pengembangan sebuah fitur kendaraan, tapi bagaimana teknologi tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk lingkungan sekitarnya. Salah satunya adalah keselamatan pejalan kaki.

Pemanfaatan kemajuan teknologi tersebut diaplikasikan Honda ke dalam sistem yang akan mengurangi risiko cedera jika salah satu kendaraannya menabrak pejalan kaki. Belum lama ini paten tersebut telah diajukan ke kantor paten Jepang.

Menurut Honda, paten yang diajukan adalah sistem perangkap jaring untuk menangkap pejalan kaki jika mereka ditabrak mobil, untuk mencegah mereka jatuh ke tanah dan terlindas mobil. 

Kelambu itu akan dipasang di atap mobil di atas kaca depan, atau di tempat lain di bagian depan mobil. Jika mobil menabrak pejalan kaki, jaring akan menembak dan menangkap serta menarik pejalan kaki agar tak jatuh dari atas kap mesin, 

Ujung jaring memiliki magnet yang akan menempel di kap mesin, memastikan pejalan kaki yang tertabrak tidak terjatuh setelah mereka tertangkap jaring.

Selain Honda, beberapa paten seperti ini juga telah dikembangkan oleh perusahaan teknologi Google dan Waymo. Mereka menampilkan desain tudung dan bodywork yang terbuat dari bahan lunak untuk memperkecil dampak tabrakan. 

Meski berbeda dalam penerapannya, jika sistem itu bekerja seperti yang dirancang, maka diharap pemanfaatan teknologi keselamatan bisa menyelamatkan nyawa atau mengurangi risiko yang serius jika mobil menabrak pejalan kaki.


(UDA)