Industri Otomotif

Hino Belum Tertarik Mainkan Bus dan Truk Listrik

Ainto Harry Budiawan    •    Sabtu, 16 Dec 2017 15:51 WIB
hino
Hino Belum Tertarik Mainkan Bus dan Truk Listrik
Bus listrik Hino kerap muncul dibeberapa pameran. Hino Global

Jakarta: Kendaraan bertenaga listrik saat ini sedang menjadi isu paling banyak dibahas. Tak hanya kendaraan pribadi, namun juga kendaraan umum dan niaga seperti bus dan truk listrik.

Contohnya adalah Tesla yang mulai menjual truk lilstrik beberapa tahun lagi, lalu disejumlah negara Eropa sudah menggunakan bus bertenaga listrik. Lantas kapan Indonesia akan mengikuti jejak tersebut?

PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) sebagai penguasa pasar bus dan truk mengatakan pihaknya saat ini masih fokus terhadap pasar yang ada saat ini. Hal itu disampaikan Irwan D Sutanto, Senior Executive Officer HMSI.

"HMSI inikan pasarnya di Indonesia, soal bus listrik masih jauh ke depan. Kita menyesuaikan saja dengan kebutuhan, tapi untuk pengembangan mungkin saja ada," katanya disela pengenalan sasis bus Hino RN 258 AT.

Oleh karena itu HMSI belum terlalu banyak melakukan pengembangan untuk bus dan truk listrik ini. "Namun kita tetap memperhatikan tren kendaraan listrik ini," sambungnya di Jatake, Tangerang kemarin.

Saat ini Hino menguasai pasar bus Indonesia mencapai 77 persen, atau sepanjang tahun ini sudah ada 1.261 unit bus terjual. Model R260 jadi yang paling favorit dengan 925 unit yang terjual.


(UDA)