Mobil Listrik

Toyota Pasang Target Besar Jual Mobil Listrik

Ekawan Raharja    •    Kamis, 14 Dec 2017 11:50 WIB
toyotamobil listrik
Toyota Pasang Target Besar Jual Mobil Listrik
Toyota siap komitmen untuk mendukung pertumbuhan mobil listrik di dunia. Technet-digital, Insideevs

Jepang: Toyota sudah siap menatap industri mobil listrik global. Merek yang berasal dari Jepang ini bahkan sudah mempersiapkan target penjualan mobil listrik hingga 2030.

Mereka menargetkan 50 persen penjualannya kelak dikuasai mobil listrik. Dan rasanya hal ini cukup realistis, mengingat arah industri otomotif saat ini menuju ke kendaraan ramah lingkungan, termasuk teknologi kendaraan listrik.

"Di 2030 kami menargetkan 50 persen atau lebih penjualan kita dikuasai oleh mobil listrik, seperti hybrid, plug-in hybrid, mobil listrik, atau fuel-cell," ujar Presiden Toyota, Akio Toyoda.

Jika lebih diperinci, Toyota menarketkan penjualan mobil listrik mencapai 5,5 juta unit di 2030. Kemudian 4,5 juta unit diantaranya adalah mobil berteknologi hybrid dan plug in hybrid. Sedangkan 1 juta unitnya full listrik dan hydrogen.

Agar target besar tersebut tercapai, Toyota sudah bergerak. Mereka mulai membuka pembicaraan dengan produsen baterai Panasonic. Pembicaraan mereka mengenai kemungkinan pengembangan, produksi, dan daur ulang baterai.

"Kunci mobil listrik di masa depan adalah baterai. Agar Jepang bertahan di era perubahan tanpa pemanfaatan sumber daya alam, kami harus mengembangkan baterai yang kompetitif dan sistem yang stabil," ujar Toyoda.

Saat ini pun merek dengan logo tanduk oval itu sudah menjual mobil listrik. Penguasaan pasar mobil listrik mereka mencapai 15 persen dari total 10 juta unit penjualan global. Mayoritas mobil listrik yang dijual menggunakan teknologi hybrid.


(UDA)