Mobil Baru

'Mobil Indonesia', Trik Tata Motors Rebut Pasar

Ahmad Garuda    •    Selasa, 28 Nov 2017 07:28 WIB
mobil barutata motors
'Mobil Indonesia', Trik Tata Motors Rebut Pasar
Tata Super Ace kini punya versi torsi besar. MTVN/Ahmad Garuda

Tangerang Selatan: Membuat differensiasi produk, bukan hal yang gampang. Apalagi jika produk itu bakal dijadikan barang jualan di segmen tertentu. Langkah inilah yang ditempuh beberapa pabrikan mobil di Indonesia agar produk mereka punya karakter yang diinginkan penggunanya, tak terkecuali Tata Motors.

Brand asal India itu mengesampingkan hasrat mereka bermain di segmen passenger car (PC) atau mobil berpenumpang, hanya untuk membuat sesuatu yang berbeda di segmen commercial vehicle (CV). Dan itu benar-benar mereka buktikan dengan membuat mobil pick up khusus untuk pasar nasional (mobil Indonesia).

Luncurkan Super Ace HT
Sebagai bentuk dari komitmen besar mereka, Tata Motors pun meluncurkan varian torsi besar dari Super Ace yaitu Super Ace HT (high torque). Berbeda dengan versi reguler, mobil ini punya tarikan mesin (torsi) yang lebih dahsyat.

Ini terjadi berkat ubahan gigi rasio di gardan yang sebelumnya 4,11 (Super Ace) menjadi 4,88 (lebih besar) di Super Ace HT. Pembuktiannya mereka lakukan uji coba dengan membawa beban yang berbeda. Menariknya, ketika melihat data beban 1,8 ton, mobil ini masih mampu menggunakan gigi 2 untuk start awal. Kecuali untuk kondisi menanjak curam, baru akan menggunakan gigi 1. Sementara tipe reguler harus menggunakan gigi 1 sebagai start awalnya.

"Mobil ini kami luncurkan untuk memenuhi segmentasi mereka yang sering membawa barang sangat banyak dengan beban yang melebihi kapasitas pick up kecil, tapi ingin tenaganya tetap mumpuni. Nah ini solusi yang kami tawarkan. Efek yang ingin kami capai, agar mobil ini menjadi irit bahan bakar. Efek lainnya adalah konsumen bisa tetap menggunakan biaya operasional sekecil mungkin meski dengan angkutan yang lebih besar," jelas Comercial Vehicle Marketing Manager PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI), Wilda Bachtiar di momentum peluncuran Tata Super Ace HT pada Minggu (26/11/2017).

Mobil ini memiliki kapasitas mesin diesel 1.400 cc dengan transmisi manual 5 percepatan. Tenaganya 70 HP di putaran 4.500 rpm dan torsi puncaknya 135 Nm pada 2.500 rpm. Dengan semua kelebihan yang mereka sematkan di mobil ini, TMDI membanderolnya dengan Rp126 juta.

Tahap lanjutannya, mereka masih akan meluncurkan mobil double cabin yang juga dibuat khusus dari hasil survei mereka terhadap konsumen di tanah air. Namun namanya masih akan tetap menggunakan Xenon. Kabarnya mobil ini bakal meluncur awal Desember 2017.

"Komitmen kami untuk pasar otomotif di sini sangat besar. Bukan sekadar jualan dengan cara membuat barang sama yang sudah kami jual di India, tapi kami juga membuat yang diinginkan orang-orang di sini. Tata Super Ace adalah mobil yang hanya kami bangun berdasarkan riset untuk pasar nasional. Mobil ini tidak dijual di mana-mana, termasuk India," ujar President Director TMDI, Biswadev Sengupta.


(UDA)