Industri Otomotif

Utang Dieselgate Volkswagen Mencapai USD30 Miliar

Ekawan Raharja    •    Senin, 02 Oct 2017 08:10 WIB
volkswagen
Utang Dieselgate Volkswagen Mencapai USD30 Miliar
Volkswagen hingga saat ini belum dapat menyelesaikan 100 persen kasus dieselgate yang melanda mereka.

Metrotvnews.com: Skandal dieselgate yang menimpa Volkswagen bisa dibilang sebagai salah satu kasus terbesar sepanjang sejarah otomotif. Bagaimana tidak, pabrikan asal Jerman ini harus membayar tagihan hingga USD30 miliar untuk menutupi semua biaya kerugian yang diakibatkan kesalahan dalam mengukur emisi gas buangnya.

Terakhir mereka harus mendapatkan tagihan tambahan sekitar USD3 miliar dari pasar Amerika Serikat. Tagihan ini untuk menalangi perbaikan beberapa komponen keras. Baik itu yang berhubungan dengan data analisis di pabrik hingga banyak lagi hal lainnya.

Efek lainnya adalah saham Volkswagen pun harus kembali turun tiga persen pada Jumat pekan lalu (29/9/2017). Hal ini terjadi karena pedagang dan pengamat kecewa group otomotif asal Jerman tersebut masih memiliki masalah dengan skandal dieselgate.

Padahal kasus dieselgate sudah terjadi sekitar dua tahun lalu. Namun hingga kini tetap saja masalah tersebut belum kelar, dan tampaknya memerlukan waktu lebih lama untuk menyelesaikannya.

Volkswagen juga sudah berusaha untuk bangkit dari kasus besar itu. Pabrikan asal Jerman tersebut, kini sedang bertransformasi mempersiapkan sejumlah mobil listrik.

Volkswagen Chairman, Matthias Muller, menjanjikan 80 mobil lstrik hingga 2025. Jika di rinci terdapat 50 mobil bertenaga baterai listrik dan 30 mobil berteknologi plug-in hybrid.


(UDA)