Mobil LIstrik

Dahsyatnya Akselerasi Tesla Roadster

Ekawan Raharja    •    Selasa, 21 Nov 2017 07:30 WIB
mobil listriktesla
Dahsyatnya Akselerasi Tesla Roadster
Tesla Roadster mulai diperkenalkan kepada khalayak dunia. Tesla Motors

Jakarta: Banyak yang beranggapan bahwa mobil listrik tidak bisa dipacu di trek. Mungkin anda tidak akan memiliki anggapan seperti itu lagi setelah mengetahui Tesla Roadster generasi kedua.

Mobil listrik ini memiliki akselerasi 0-100 kilometer per jam (kpj) hanya dalam tempo 1,9 detik. dan mencapai 160 kpj cuma memerlukan 4,2 detik. Sedangkan kecepatan puncaknya diklaim bisa menembus 402 kpj.

Sebagai perbandingan, Dodge Challenger SRT Demon sebagai mobil jalanan yang paling kuat saja tidak bisa mengalahkan akselerasi Roadster. Mobil bergaya American muscle ini membutuhkan 2,3 detik untuk berakselerasi menuju 100 kpj. Padahal Dodge Challenger SRT Demon sudah dibekali dengan mesin 200 cc supercharged HEMI V8 yang bisa hasilkan tenaga tak kurang dari 840 daya kuda.

Kembali kepada Roadster, mobil buatan Amerika Serikat ini didukung baterai berdaya 200 kWh. Kemudian jarak yang bisa ditempuh pun mencapai 997 kilometer dengan sekali pengisian baterai.

CEO Tesla Motors, Elon Musk, menjanjikan bahwa mobil ini akan dipasarkan dalam beberapa tahun ke depan. Seperti pendahulunya, Roadster terbaru masih dengan gaya dua pintu namun dengan desain yang lebih sexy.

Saat perkenalan dengan mobil yang berstatus konsep ini, Elon Musk berujar bahwa dia ingin menyajikan Roadster terbaru sebagai akhir dari kendaraan berteknologi internal combusition engine (ICE). Sehingga Tesla sangat menekankan pentingnya performa di Roadster terbaru.

Jikalau peluncurannya sukses, Roadster ini bisa menjadi representatif mobil masa depan. Mengingat Tesla Motors berencana menjual mobil ini dengan harga mulai dari USD200 ribu atau sekitar Rp2,7 miliar.


(UDA)