Lalu Lintas

Inggris Bakal Larang Mobil Bermesin Diesel dan Bensin di 2040

Ainto Harry Budiawan    •    Kamis, 27 Jul 2017 15:40 WIB
emisi kendaraan
Inggris Bakal Larang Mobil Bermesin Diesel dan Bensin di 2040
Pemerintah Inggris investasi dana besar untuk mendukung kualitas udara lebih baik. Truck Trend

Metrotvnews.com: Isu pemanasan global serta emisi kendaraan sudah jadi isu panas tiap negara sejak beberapa tahun belakangan. Tak heran jika pemerintahan sebuah negara semakin ketat mengatur emisi kendaraan, serta membuat peraturan-peraturan baru.

Inggris jadi salah satu negara tersebut, saat ini mereka sedang mempertimbangkan kembali untuk menggunakan speed humps (polisi tidur) dan menggunakan lampu lalu lintas dengan waktu mundur, untuk memperlancar arus kendaraan.

Tapi tak hanya itu, pemerintah setempat juga merencanakan tak ada lagi mobil baru berbahan bakar fosil, baik itu mesin bensin maupun diesel, pada 2040 mendatang.

Pemerintah Inggris mengklaim aturan ini sudah diumumkan pertama tahun 2011, kemudian diterapkan untuk mobil konvensional dan van, mulai 2040. "Dan setiap mobil dan van di jalanan, akan bebas emisi pada 2050," tulis pernyataan pemerintah Inggris.

Kualitas udara jadi sorotan utama pemerintah Inggris menerapkan aturan tersebut. "Kami butuh aksi spesifik, untuk mengurangi resiko kesehatan karena kualitas udara yang buruk di negeri ini," lanjutnya.

Untuk mencapai tujuan tersebut, pemerintah Inggris siap melakukan investasi dengan dana besar. Dana ini nantinya bakal digunakan untuk menyiapkan stasiun pengisian listrik, kendaraan rendah emisi, bus listrik, taksi listrik hingga merayu warganya untuk bersepeda dan jalan kaki.


(UDA)