Teknologi Otomotif

Porsche 'Kubur' Transmisi Manual

Ekawan Raharja    •    Kamis, 31 Aug 2017 11:09 WIB
porsche
Porsche 'Kubur' Transmisi Manual
Porsche menilai transmisi manual tidak cocok untuk mobil-mobil hybrid. Porsche

Metrotvnews.com: Tampaknya Porsche akan mengikuti jejak langkah Ferrari. Diketahui pabrikan asal Jerman tersebut akan 'mengubur' alias meninggalkan transmisi manual ke depannya.

Namun Porsche tentunya komitmen ini tidak sepenuhnya dilakukan untuk tipe mobil dengan pembakaran internal murni. Mereka hanya tidak akan memasang transmisi manual untuk mobil-mobil berteknologi hybrid, seperti dikutip dari carscoops.

Hal ini disampaikan oleh Insinyur Porsche, Gernot Döllner, di sela-sela peluncuran generasi ketiga Cayenne. Menurutnya teknologi hybrid dan penyaluran tenaga akan efisien ketika dikombinasikan dengan transmisi otomatis.

Porsche PDK gearbox. Porsche

Ucapannya cukup beralasan mengingat transmisi otomatis saat ini lebih efisien bahan bakar dibandingkan transmisi manual. Tentu jika menawarkan sesuatu yang kurang efisien akan mengurangi dari tujuan mobil itu, yakni efisiensi bahan bakar.

Para konsumen Cayenne dan Panamera Hybrid dipastikan akan merasa sedih akan hilangnya transmisi manual. Hingga di bersi terakhir yang meluncur, kedua model tersebut masih dibekali dengan transmisi manual.

Lantas bagaimana dengan 911 Hybrid? Dollner memastikan mobil tersebut hanya akan dibekali dengan transmisi otomatis PDK gearbox seperti yang dibenamkan di 911.

Selamat tinggal transmisi manual.



(UDA)