Penjualan Otomotif Nasional

Penjualan Harian Otomotif Naik, Tapi Tak Drastis

Ahmad Garuda    •    Jumat, 23 Jun 2017 10:33 WIB
toyota
Penjualan Harian Otomotif Naik, Tapi Tak Drastis
Penjualan Auto2000 jelang libur lebaran meningkat. TAM

Metrotvnews.com, Jakarta: Tren penjualan otomotif menjelang momen libur lebaran, selalu memberikan kegembiraan tersendiri bagi dealer setiap merek yang ada di tanah air. Peningkatan itu akan selalu ada, mengingat permintaan mobil menjelang lebaran memang selalu naik setiap tahunnya.

Salah satu yang meraup hasil menggembirakan di momen menjelang libur lebaran ini adalah dealer resmi Toyota yaitu Auto2000. Chief Executive Auto2000, Agus Prayitno mengatakan hal tersebut secara gamblang di acara buka puasa bersama penandatanganan kerja sama dengan PSSI untuk mengembangkan sepakbola di Indonesia pada Kamis (22/6/2017).

"Peningkatan penjualan menjelang momen libur lebaran, bakal selalu ada dari tahun ke tahun. Khusus selama Juni ini ada peningkatan yang cukup baik secara harian. Tapi kami tidak bisa mengkomparasikan langsung untuk penjualan bulanan. Mengingat bulan ini kan hari kerja pendek. Bahkan pabrik Daihatsu malah udah break," klaim Agus.

Layanan aftersales yang kuat, salah satu faktor besar untuk meningkatkan penjualan

Agus melanjutkan bahwa peningkatan permintaan juga tidak begitu signifikan. Tapi ada dan ini menurut mereka jadi sebuah hal yang harus dipertahankan. "Kalau kami perhatikan, ada sekitar 600 unit mobil yang bisa terjual dalam sehari dari total 108 cabang."

Ia juga menuturkan bahwa perubahan perilaku konsumen menjelang lebaran juga menarik untuk dicermati. Karena mereka yang ingin membeli mobil baru, biasanya melakukan pemesanan dua bulan sebelumnya. Sehingga saat lebaran datang, mereka benar-benar sudah menerima unitnya.

"Sementara untuk segmen yang paling banyak permintaannya, masih tetap didominasi low MPV dan low cost green car (LCGC) terutama yang 7-seater itu. Tapi segmen yang lain juga tetap mengalami permintaan yang besar. Tapi permintaan SUV seperti Fortuner dan medium MPV seperti Innova, juga luar biasa penjualannya. Kami juga sulit memenuhi permintaan warna. Tidak bebas pilih warna lagi seperti dulu."


(UDA)