Teknologi Otomotif

All New Nissan Leaf Hanya Pakai Satu Pedal

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 20 Jul 2017 13:24 WIB
nissan
All New Nissan Leaf Hanya Pakai Satu Pedal
Nissan akan kenalkan inovasi baru 'e-Pedal'. Autoguide

Metrotvnews.com: Mobil setidaknya selalu memiliki dua pedal, seperti yang ada pada mobil matic. Satu berfungsi sebagai akselerator dan satu lagi berfungsi untuk pengereman. Atas dasar itu Nissan memiliki ide berbeda dengan rencana memperkenalkan 'e-Pedal' yang inovatif pada all-new Nissan Leaf.

'e-Pedal' yang diaplikasikan di Nissan Leaf baru bertujuan untuk menghilangkan pedal rem. Rencana tersebut bakal diwujudkan Nissan dengan membalikan saklar yang nantinya dipasangkan di pedal gas.

Dikutip dari Autoguide, selain berfungsi sebagai akselerator, pedal gas yang sudah diaplikasikan 'e-Pedal' juga akan berfungsi sebagai pedal rem.

Pembuat mobil Jepang mengungkapkan, ketika pedal gas dilepas mobil akan langsung melambat, karena 'e-Pedal' akan melakukan fungsi pengereman secara otomatis.

Ide dasar ini bertujuan agar memungkinkan pengemudi memperlambat laju mobilnya secara cepat, dan berhenti hanya menggunakan 'e-Pedal' atau satu pedal.

"Gagasan lain di balik 'e-Pedal' adalah pengemudi tidak perlu bergeser dari satu pedal ke pedal yang lain. Teknologi revolusioner ini akan melakukan debutnya di Nissan Leaf baru pada 5 September Mendatang," kata Nissan, seperti yang dikutip Autoguide.


(UDA)