Teknologi Otomotif

BMW Umbar Teknologi Pengisian Baterai Nirkabel

Ekawan Raharja    •    Jumat, 29 Sep 2017 09:39 WIB
bmw
BMW Umbar Teknologi Pengisian Baterai Nirkabel
BMW 530e bisa melakukan pengisian daya baterai menggunakan charger tanpa kabel. BMW

Metrotvnews.com: Perkembangan mobil listrik saat ini juga memacu teknologi penunjangnya. salah satu yang cukup pesat berkembang adalah stasiun pengisian daya listrik untuk mobil.

Dahulu dan hingga saat ini dibutuhkan seperti mesin pompa yang nozzle-nya dapat mencolok ke jack station pengisian daya listrik. Tetapi ke depannya, sudah tidak diperlukan lagi. Cukup parkir di area yang sudah ditentukan, maka sistem pengecasan baterai untuk mobil listrik bisa dilakukan.

Teknologi coba diperkenalkan oleh BMW dengan memperkenalkan sebuah alat pengisian daya nirkabel. Teknologi terbaru pengisian daya listrik ini sudah bisa digunakan untuk mobil plug-in hibrida BMW iPerformance 530e.

Alat pengisian daya nirkabel itu menggunakan daya listrik 220 volt. Bahkan alat ini sudah memiliki kemampuan fast charging yang mampu membuat baterai terisi penuh hanya dalam waktu 3,5 jam.

Caranya terbilang cukup mudah untuk pengisian ini. Pemilik mobil cukup memasang alat pengisi daya berbentuk bantalan (pad) di garasi. Saat mobil diparkir di tempat yang tepat, 530e akan langsung terkoneksi dengan pad tersebut.

Sistem di mobil akan terintergasi dengan pad untuk menghasilkan medan magnet guna mengisi baterai mobil. Seluruh proses pengisian bisa dipantau melalui aplikasi.

BMW rencananya baru akan memasarkan alat canggih ini mulai tahun depan. Saat ini alat tanpa kabel tersebut masih dalam tahap uji coba.




(UDA)