Industri Otomotif

Pabrik Goodyear Venezuela Tutup, Karyawan dapat 10 Ban

Ekawan Raharja    •    Jumat, 14 Dec 2018 09:47 WIB
industri otomotif
Pabrik Goodyear Venezuela Tutup, Karyawan dapat 10 Ban
Goodyear menutip pabrik di Venezuela. AFP

Venezuela: Goodyear akhirnya mengeluarkan ultimatum penutupan pabrik di Venezuela. Uniknya para buruh pabrik ini mendapatkan pesangon berupa 10 ban setiap orangnya.

Menurut Jalopnik dan Bloomberg, penutupan pabrik ini berbarengan dengan merumahkan seluruh pekerja di pabrik tersebut. Sesuai dengan peraturan di Venezuela, Goodyear pun diwajibkan membayar uang pesangon kepada para pekerja yang dirumahkan.

Anggota perserikatan buruh pabrik Goodyear Venezuela, Eduar Bremo, menjalaskan perusahaan ban asal Amerika Serikat tersebut sudah membayar uang pesangon untuk 1.200 pekerja. Selain itu setiap karyawan juga mendapatkan 10 unit ban.

Bremo juga menyebutkan kalau pabrik ini memproduksi setidaknya seribu unit ban setiap harinya. Sayangnya Krisis ekonomi di Venezuela membuat harga bahan baku dan biaya produksi melonjak. Akhirnya Goodyear pun menutup pabrik mereka di sana.

Memang terdengar cukup aneh setiap pegawai dibekali dengan 10 unit ban sebagai bagian dari pesangon mereka. Cuma di tengah kondisi krisis ekonomi, ban juga menjadi salah satu barang berharga yang bisa di jual kepada para pemilik mobil.

Goodyear mengakui bahwa mereka menutup fasilitas di Venezuela. Kondisi ekonomi yang memburuk dan sanksi dari Amerika Serikat terhadap Venezuela membuat mereka memilih menutup pabrik.

"Goodyear-Venezuela telah membuat keputusan sulit untuk berhenti memproduksi ban. Tujuan kami adalah mempertahankan operasinya, tetapi kondisi ekonomi dan sanksi dari Amerika Serikat membuat ini tidak mungkin,” tulis pernyataan resmi Goodyear dinukil dari The Hill.


(UDA)