Mobil Baru

Komparasi Data Performa Suzuki Ignis & Datsun Cross

Ekawan Raharja    •    Selasa, 30 Jan 2018 10:24 WIB
mobil baru
Komparasi Data Performa Suzuki Ignis & Datsun Cross
Membandingkan lontaran tenaga mesin Suzuki Ignis dan Datsun Cross. Medcom.id/Ekawan Raharja

Jakarta: Sebelumnya medcom.id sudah membahas dimensi Datsun Cross yang lebih besar dari Suzuki Ignis. Lantas bagaimana di sektor tenaga? Apakah Cross lebih buas ketimbang Ignis?

Untuk melihat hal itu, kami akan membandingkannya dari sisi data performa. Keduanya menggunakan mesin berkubikasi 1.200 cc. Meski demikian, tenaga yang ditawarkan keduanya cukup berbeda.

Suzuki Ignis dibekali sistem konfigurasi 4-silinder bertenaga 81 daya kuda dan torsi 113 nm. Tenaga ini disalurkan ke roda melalui transmisi manual 5-percepatan manual atau 5-percepatan auto gear shift (AGS).

Sementara Cross yang dibekali mesin berkubikasi 1.200 cc memiliki torsi 104 nm. Hanya saja tipe transmisi manual lima percepatan memiliki tenaga 68 daya kuda, sedangkan untuk transmisi continuously variable transmission (CVT) memiliki tenaga 78 daya kuda.

Bisa dilihat Ignis memiliki mesin yang lebih bertenaga. Terdapat selisih sekitar 3 daya kuda antara Ignis dan Cross CVT.

Namun perlu diperhatikan bahwa sistem transmisi memiliki pengaruh dalam menyalurkan tenaga. Tenaga yang dihasilkan Cross dipastikan akan lebih mulus dan minim sendatan karena sudah mengadopsi teknologi CVT.

Suzuki kini menawarkan Ignis dengan tiga varian, dengan harga mulai dari Rp151,5 juta hingga Rp171,5 juta. Sedangkan Datsun masih belum mengumumkan harga pasti untuk Cross. Mereka hanya memberikan estimasi harga mobilnya Rp163 juta untuk tipe manual dan Rp175 juta untuk CVT.


(UDA)