Komponen Aftermarket

Bosch Siapkan Aki Daya Besar nan Ramah Lingkungan

Ekawan Raharja    •    Kamis, 12 Oct 2017 15:33 WIB
komponen aftermarket
Bosch Siapkan Aki Daya Besar nan Ramah Lingkungan
Bosch aki 45 Volts baru akan di produksi masal pada akhir 2018. Bosch

Metrotvnews.com, Jerman: Saat ini arah kebijakan produsen otomotif dunia menuju kendaraan yang ramah lingkungan, seperti pemanfaatan energi listrik, hidrogen, atau gas. Tren ini tentu membuat produsen komponen otomotif juga harus ikut arus ini. Hal ini ditunjukkan Bosch, produsen komponen otomotif untuk mobil dan sepeda motor.

Bahkan baru-baru ini mereka merilis sebuah aki dengan tenaga besar namun tetap ramah lingkungan. Nantinya sumber listrik ini akan memiliki daya yang cukup besar yakni 45 volt.


BMW i3. BMW

“Bosch adalah inkubator untuk elektromobilitas. Kami membantu produsen mempersingkat waktu pengembangan, sehingga dapat meluncurkan produk mereka lebih cepat,” tulis Ketua Sektor Bisnis Bosch Mobility Solutions dan anggota dewan manajemen Robert Bosch GmbH, Dr. Rolf Bulander, melalui keterangan resminya.

Bosch mengklaim bahwa pengguaan produknya ini nanti dapat membantu mengurangi emisi CO2 kendaraan. Hal ini dapat dilakukan berkat tidak membutuhkannya pendingan aktif serta kerangkanya yang terbuat dari plastik.

Konsumen tidak perlu khawatir dengan kerangka plastik yang digunakan tidak dapat menjaga sel lithium-ion yang berkembang saat pengisian daya aki dan sepanjang usia kerja unit. Teknisi Bosch merancang ulang sel-sel di aki 48 volt, sehingga bahkan kerangka plastik pun mampu menahan tekanan tersebut.


Pabrik Bosch. Bosch

Kemudian aki 45 Volt ini dapat mengurangi konsumsi bahan bakarnya dengan menggunakan dorongan sistem Boost Recuperation System (BRS). Sistemnya adalah aki ini akan menyimpan sebagian tenaga yang dihasilkan ketika melakukan pengereman, kemudian tenaga tersebut disalurkan lagi saat mobil mulai melaju.

"Kami menunjukkan bahwa aki memiliki keunggulan lain, lebih dari sekedar membuatnya bekerja lebih cepat, lebih kuat, lebih jauh; sebagai gantinya, ada seni untuk menemukan solusi agar aki lebih sesuai dan mudah digunakan,” ucap Kepala Bosch Battery Systems, Michael Budde.

Sayangnya aki ini belum di produksi secara massal. Perusahaan asal Jerman ini baru akan  memproduksinya pada akhir 2018.


(UDA)