Test Drive

Serunya Bermain Offroad dengan Isuzu mu-X 4x4

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 09 Feb 2018 13:21 WIB
isuzu
Serunya Bermain Offroad dengan Isuzu mu-X 4x4
Isuzu mu-X 4x4 ditawarkan dengan harga paling terjangkau. Medcom/ A. Harry Budiawan

Bogor: Dalam kegiatan mu-Xperience 2018 yang diadakan Astra Isuzu di Jeep Station Indonesia (JSI), Bogor beberapa hari lalu, tim medcom.id berkesempatan menjajal mobil penggerak empat roda tersebut. Bukan jalan aspal mulus, tapi kami mencobanya di jalur offroad.

Meski jalur offroad yang ada di JSI adalah buatan, namun beragam obstacle yang dibuat persis pada medan off-road sungguhan. Mulai dari jalan berlumpur, kubangan air, tangga naik-turun, jalan yang dibuat seperti sungai dan banyak lagi.

Usai jadi penumpang, kami mencoba mobil ini dengan dipandu instruktur dari IOF (Indonesia Off-Road Federation). Jalur dengan segala rintangan yang kami sebutkan tadi jadi menu utamanya.

Bicara desain, mobil ini tak berbeda dengan mu-X varian New Premiere dan Royale yang merupakan versi 4x2. Namun karena menyesuaikan target pasar seperti tambang, perkebunan hingga migas, maka ada penyesuaian.

Penyesuaian itu seperti tak adanya roof rail, wiper belakang, layar MID, bahan jok, roof monitor, steering control, parking kamera, sensor mundur-samping, lampu kabut, kaca spion manual, side step dan banyak lagi.

"Itulah kenapa mobil ini paling terjangkau disegmennya, kita jual kurang dari Rp500 juta, kompetitor lebih dari Rp500 juta," kata Harry Kamora, Chief Operating Officer Astra Isuzu. Harga mu-X 4x4 sendiri diangka Rp473 juta.

Mulai berjalan kami masih menggunakan penggerak dua roda, baru kemudian saat hendak melewati handicap kami berhenti untuk memindahkan pada posisi 4L. "Meski bisa shift on fly, sebaiknya berhenti agar mekanisme gigi lebih awet," kata Kiki, instruktur IOF yang menemani kami.

Rintangan pertama kali melewati undakan tangga, tanpa menginjak pedal gas. Begitu pula saat menuruninya, mobil akan tertahan dan merambat perlahan. Hal yang sama kami lakukan saat melewati sungai buatan.

Saat melewati sungai buatan dengan salah satu sisi mobil miring, ban tak kehilangan traksi. "Ini karena penggunaan LSD (limited slip differential), jadi roda belakang gerak bersamaan dan tetap ada dorongan," ujar Kiki lagi.

Kami pun hanya perlu mengatur arah mobil saja. Jika jalur yang dilewati agak licin, baru injak pedal gas sedikit saja agar mobil bisa terus bergerak.

Salah satu keunggulan mobil ini adalah boost turbo sudah terasa sejak putaran rendah. Torsi puncak 319 Nm cukup dicapai pada putaran 1.800-2.800 rpm saja. Menurut Kiki ini jadi yang terbaik di kelasnya.

Meski Isuzu mu-X saat ini tak setenar dua pesaingnya yakni Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport, namun menurut Kiki kemampuan off-road yang dimilikinya jadi yang terbaik dikelasnya. 


(UDA)