Mobil Baru

Kapasitas Kabin Pick Up Kecil, Konsumen Ingin Lebih

Ahmad Garuda    •    Minggu, 03 Dec 2017 19:43 WIB
mobil barutata motors
Kapasitas Kabin Pick Up Kecil, Konsumen Ingin Lebih
Kapasitas muat kabin di mobil pick up kecil, konsumen ingin muat tiga orang dan nyaman. MTVN/Ahmad Garuda

Tangerang Selatan: Segmen pick up kecil saat ini di Indonesia hanya dimainkan beberapa agen pemegang merek (APM) saja. Suzuki masih dominan namun pemain baru seperti Tata Motors, rupanya mampu memanfaatkan dengan baik.

Bermodalkan mesin diesel kapasitas kecil yang terbukti mampu menelurkan torsi besar, mereka mampu meraih perhatian pasar dan mulai banyak dipilih karena kemampuannya. Namun berbicara tentang kapasitas muat mobil niaga ini, ternyata masih jadi banyak diperdebatkan.

Hal ini terlihat saat peluncuran Tata Super Ace HT di Flavor Bliss, Alam Sutra-Tangerang Selatan pada MInggu (26/11/2017). Konsumen pengguna mobil tersebut punya perbedaan pendapat soal kapasitas muat.

"Sebenarnya ini sifatnya masukan saja kepada produsen. Selain torsi ditambah, mungkin kapasitas muat di kabinnya pun bisa ditambah untuk membuat nyaman penumpang ketiga. Yaitu satu driver dan dua orang lagi di sampingnya. Selama ini tidak dipikirkan untuk hal-hal tersebut, kalau sudah diisi tiga orang, biasanya orang yang ketiga akan duduk kurang nyaman," ujar salah seorang konsumen yang hadir di acara gathering tersebut.

Namun berbeda dengan Gunartono, sang pemenang kompetisi irit Tata Super Ace Super Challenge (SASC) 2017. Ia menganggap bahwa kapasitas kabin yang kecil untuk Super Ace dan Super Ace 2 sudah sesuai dengan peruntukannya.

"Justru kalau tambah dimensi, maka akan sesuai lagi dengan tujuannya sebagai pick up kecil yang bisa masuk ke jalan-jalan kecil pedesaan. Justru yang harus dipikirkan adalah bagaimana cara menambah agar mobil ini lebih efisien bahan bakar lagi."

Tentang performa mesin yang ditunjukkan mobil ini, sepertinya cukup membuat penggunanya puas. Apalagi jenisnya diesel, sehingga menekan biaya operasional bisa mereka lakukan.

"Kami sudah melakukan studi khusus untuk membuat mobil di segmen ini. Dan mayoritas masyarakat Indonesia yang ingin sebuah mobil pick up bermesin kecil ya seperti ini. Mereka ingin tetap punya mobil yang bertenaga meski sudah terisi beban yang berat," pungkas Presiden Direktur PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) dalam kesempatan yang berbeda.


(UDA)